NEKAT..!!! Penumpang Pesawat Merokok di Toilet Lion Air

Penumpang Pesawat Merokok

TOPMETRO.NEWS – Penumpang pesawat merokok, seorang pria terpaksa diamankan. Penumpang pesawat merokok dimaksud diketahui mengisap rokok di toilet Lion Air Group dalam penerbangan nomor JT-3115 yang melayani dari Jeddah tujuan Banjarmasin-Bandar Udara Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) transit Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar (BTJ).

Penumpang Pesawat Merokok saat Mengudara

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air menjelaskan penumpang laki-laki berinisial SM (62) merokok di toilet (lavatory) pesawat saat posisi pesawat mengudara.

“SM yang memiliki nomor duduk 36G diketahui melakukan perbuatan yang mengganggu kenyamanan perjalanan dan melanggar aturan penerbangan sipil,” ujar Danang sebagaimana dilansir JPNN.

Ditindak Tegas, Diproses Intensif

Tak pelak lagi, pimpinan awak kabin lantas bekerjasama dengan pilot bertindak tegas terhadap pelaku sesuai peraturan perusahaan dan penerbangan sipil.

“Sesuai SOP, pilot menginformasikan kepada petugas layanan darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/ avsec) agar segera dilakukan penanganan setelah pesawat mendarat dan posisi sempurna,” tutur Danang.

artikel untuk Anda | Untung Ada TNI, Bersama Masyarakat, NKRI Utuh Terjaga

Setelah mendarat, Lion Air langsung menyerahkan SM kepada avsec, pihak terkait beserta Otoritas Bandar Udara (otband) setempat untuk pemeriksaan dan proses intensif.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh penumpang untuk memahami serta mematuhi aturan tidak merokok di dalam kabin atau di toilet/ kamar kecil (lavatory).  “Lion Air berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.”

baca juga | Nekat Merokok di Toilet Batik Air, Alarm Bunyi, Penumpang Heboh

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya peristiwa heboh terjadi di pesawat Batik Air penerbangan dari Jakarta tujuan Sorong Rabu (26/7/2017) silam. Pasalnya, Kurniawan, salah seorang penumpang pesawat milik Lion Group tersebut kedapatan merokok di dalam toilet pesawat.

Pejabat Airport Manager Lion Group Cabang Sorong menjelaskan, pesawat Batik Air itu terbang dari Jakarta sekitar pukul 01.20 WIB, tiba di Sorong sekitar jam 08.00 WIT. Diduga Kirniawan sudah tak tahan ingin merokok karena berjam-jam berada di dalam pesawat.

Kurang lebih satu jam sebelum pesawat landing di Bandara DEO, Sorong, Kurniawan pun merokok di dalam toilet pesawat.

Padahal di dalam pesawat dilarang merokok, dan sudah ada peringatan sebelumnya dari crew pesawat agar tidak merokok di dalam pesawat, karena bisa membahayakan penerbangan.

sumber | jpnn

Related posts

Leave a Comment