Pemerintah ‘Warning’ Rawan Longsor dan Banjir di Tarutung

daerah rawan longsor dan banjir

topmetro.news – Camat Tarutung Renhard Lumbantobing membuat pemetaan terkait daerah rawan longsor dan banjir di wilayahnya. Dia menjelaskan, bahwa wilayah pemukiman yang rawan longsor biasanya di daerah-daerah pinggir gunung. Sementara daerah-daerah terbuka atau wilayah perkotaan sangat rawan banjir

“Kita menghimbau kepada pemerintah di desa untuk selalu mengajak warganya tetap waspada. Dan menghimbau supaya masyarakat agar peka terhadap potensi bencana alam di wilayah masing -masing,” tandasnya, Jumat (31/1/2020) di Tarutung.

Rawan Longsor dan Banjir

Renhard menjelaskan daerah rawan longsor di wilayahnya (Kecamatan Tarutung) meliputi kawasan Hutapea, Parbubu, Siwaluompu, dan Simaungmaung. Juga wilayah Hutabarat Partali. Termasuk jalur jalan dari Hutabarat-Siarangarang menuju Sipahutar.

Sementara daerah rawan banjir berpotensi di pusat perkotaan. Meliputi Hutatotuan IV (Sainihuta) dan Hutatoruan VII (Komplek Stadian, Jalan DI Panjaitan, Kompleks Mesjid), Kawasan Hutabarat dan Hutabarat Sosunggulon.

BACA JUGA | Pelajar Kelas 6 SD Meninggal Ditimpa Tembok Penahan Tanah di Aek Siansimun, Tarutung

Update Prakiraan Cuaca

Selain pemetaan daerah rawan longsor dan banjir, berikut update prakiraan cuaca untuk besok, Sabtu tanggal 1 Februari 2020, yang dikonfirmasi topmetro.news ke pihak BMKG yang berpos di Silangit Siborongborong.

Nasrol Adil MT (Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Silangit) menjelaskan, untuk daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Tobasa, Humbahas, Samosir, dan Simalungun yakni di pagi-siang hari cuaca diprakirakan pada umumnya cerah sampai cerah berawan. Namun potensi hujan ringan diperkirakan terjadi pada siang hari di Kabupaten Samosir bagian timur.

Sementara pada siang hingga sore hari, cuaca pada umumnya diprakirakan cerah sampai cerah berawan. Namun potensi hujan ringan diprakirakan terjadi pada sore hari di sebagian besar Kabupaten Tobasa dan Tapanuli Utara.

Dan pada sore hingga malam hari cuaca pada umumnya diprakirakan cerah berawan. Kemudian pada malam hingga dini hari, cuaca pada umumnya diprakirakan cerah berawan.

reporter | Jan Piter Simorangkir

Related posts

Leave a Comment