Pemkab Madina Gelar Rakorda Sensus Penduduk 2020

Rakorda Sensus Penduduk

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) menggelar acara Rakorda Sensus Penduduk (Rapat Koordinasi Daerah terkait Sensus Penduduk) Tahun 2020. Dilaknakan di Aula Hotel Rindang Kelurahan Dalan Lidang Kecamatan Panyabungan, Selasa (18/2/2020).

Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution diwakili Sekdakab Madina Gozali Pulungan yang membuka rakorda sensus penduduk tersebut. Hadir FKPD Madina, staf ahli, OPD, dan camat se-Kabupaten Madina.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Madina Rinaldi melalui KTU BPS Madina Samsiah Rangkuti dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode.

Untuk yang pertama lanjutnya, sensus penduduk yang dilakukan dengan secara online. Dimana seluruh penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukannya secara mandiri melalui halaman website www.sensus.bps.go.id. Pengisian dimulai tanggal 15 hingga 31 Maret 2020.

Kemudian untuk periode kedua, kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada 1 hingga 31 Juli 2020 mendatang.

Sukseskan Sensus Penduduk

Sementara itu Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dalam pidatonya yang disampaikan Sekdakab Madina Gozali Pulungan menegaskan bahwa pada intinya mengajak serta mengimbau kepada seluruh perangkat daerah, baik itu kepala dinas, camat, lurah, dan kepala desa agar berpartisipasi aktif dan mendukung sepenuhnya program kegiatan Sensus Penduduk 2020.

“Disini perlu kita ketahui bahwa hasil sensus penduduk inilah yang akan dijadikan dasar perumusan kebijakan pemerintah untuk pembangunan ke depan nantinya,” tandasnya.

Dan tambahnya, dengan berperan aktifnya masyarakat dalam pengisian data sensus penduduk ini, masyarakat telah ikut untuk mensukseskan program pemerintah.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment