Bupati Sergai Dampingi Mentan Launching KOMANDAN dan Panen Pedet

Bupati Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai (Serdang Bedagai), Soekirman mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) sekaligus melaunching Program KOMANDAN (Sapi, Kerbau, Komoditas Andalan Negeri) dan Panen Pedet (Anak Sapi) di Komplek Masjid Agung Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (20/2).

Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagia dan gembira serta merasa memiliki energi sebagai Mentan yang baru 4 bulan menjalankan tugas.

“Saya merasa apa yang kita lakukan hari ini adalah bagian dari panggilan rasa kebangsaan Indonesia, untuk menghadirkan kesejahteraan rakyat Indonesia yang hari esok harus lebih baik dari hari ini,” katanya didampingi Bupati Sergai.

Dikatakan, jika hanya melihat sapi 1. 000-2. 000 ekor adalah hal yang gampang dilakukan, akan tetapi untuk membangun kemauan, membangun semangat membangun sebuah visi. Termasuk untuk menghadirkan sebuah daerah yang memiliki potensi yang memanfaatkan alam ini merupakan harga yang sangat mahal.

Bupati Sergai Dengarkan Arahan Mentan

“Jika negara kita merupakan negara yang kaya, negara tropis dengan matahari yang terus bersinar angin yang terus bertiup dan air yang setiap saat akan turun. Negara kita adalah negara yang kaya pemberian Tuhan yang harus kita syukuri bersama-sama,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, masyarakat yang ada di Sergai adalah masyarakat yang sudah terbiasa dengan hawa aroma dan nafas-nafas yang berkaitan dengan pertanian dan peternakan, perkebunan, perikanan. Mentan berpesan kepada Bupati dan unsur Forkopimda agar memanajemen, mempertemukan kekayaan alam dan kemampuan masyarakat dengan upaya-upaya yang maksimal.

Mentan juga mengajak untuk lebih kuat, lebih besar, lebih dahsyat lagi dalam bekerja dan membina masyarakat. Kemudian semangat kebersamaan dan kekompakan antara masyarakat dengan pemerintah, selanjutnya antara TNI dan Polri beserta jajaran lainnya untuk memberikan ruang lebih luas dalam mengurusi rakyat.

“Demikian juga dengan para peternak yang ada di sini. Kehadiran 200 kelompok ternak diharapkan memiliki kemampuan yang lebih baik kedepanya. Kepada perusahaan perbankan yang telah membina masyarakat kami ucapkan terima kasih,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Sergai Soekirman dalam sambutannya mengatakan selain kunjungan kerja Menteri, juga didatangkan sekitar seribuan sapi, kerbau dan kambing sebagai perwujudan rasa cinta dari Mentan terhadap ekonomi rakyat di Kabupaten Sergai.

“Beberapa tahun yang lalu di Sergai diadakan program sapi wajib berkembang biak, hingga pada hari ini hasilnya kita bisa memanen pedet (anakan sapi). Oleh karenanya, melalui program ini kami mengharapkan satu desa satu Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) sehingga dapat mencapai semua target yang telah direncanakan,” katanya.

Bupati Sergai. Soekirman mengucapkan terima kasih karena program panen pedet ini telah berjalan di Kabupaten Sergai.

“Kami mohon petunjuk, bimbingan dan arahan dari Bapak Menteri. Hal ini dikarenakan Sergai adalah daerah agraris dengan banyak perkebunan persawahan, perkebunan PTPN maupun swasta,” tandasnya.

Hasil Perkebunan Diekspor ke Luar Negeri

Dikatakan, dari segi perkebunan di Sergai telah menghasilkan kecambah sawit yang diekspor ke luar negeri. Seperti di kebun PT Socfindo, telah diperkenalkan hingga ke Tanzania-Afrika dan diekspor hingga ke kancah internasional.

Baca Juga: Bupati Sergai Terima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat

Selain itu, Sergai juga menjadi pilot project tanaman sekaligus produksi sorgum yang kini telah dibudidayakan. Kedepannya pohon tanaman Sorgum akan dijadikan pakan sapi dan kambing. Sehingga sapi milik masyarakat dapat terjaga nutrisinya dengan mengkonsumsi tanaman ini.

“Kabupaten Sergai juga memiliki irigasi yang luas untuk pengairan persawahan. Tak hanya itu, Sergai juga mulai mengembangkan wisata tani di berbagai desa dengan tujuan agar meningkatkan perekonomian masyarakat,” tandas Bupati Sergai.

Gubernur Sumut diwakili Sekda Sabrina mengatakan, pembangunan pertanian di Provinsu Sumut mempunyai peranan yang cukup strategis. Dalam halnya mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumut tahun 2018-2023 yaitu Sumut yang maju, aman dan bermartabat.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Badan Karantina Ali Jamil, Kepala Badan Litbang Fadjry Djufry, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi, Dirjen PSP Sarwo Edhy, Dirjen TP. Suwandi, Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono, Kepala BKP Agung Hendriadi. Dirjen PKH I Ketut Diarmita, Dirjen Horti Prihasto Setyanto, unsur Forkopimda Sergai, Ketua TP. PKK Sergai Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, kepala OPD, kelompok tani dan ternak se-kabupaten Sergai.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment