Gunakan Jalan Tol, Pekanbaru – Dumai Bisa Ditempuh 1,5 Jam

gunakan jalan tol

TOPMETRO.NEWS – Gunakan jalan tol perjalanan Pekanbaru ke Dumai yang selama ini memakan waktu 4 hingga 5 jam bisa ‘dipangkas’ dengan cuma 1,5 jam. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat kunjangan langsung pada ruas Tol Pekanbaru – Dumai seksi 1, Jumat (21/2/2020).

Gunakan Jalan Tol, Beroperasi April

Presiden menegaskan, jalan tol sepanjang 131 kilometer yang menghubungkan Kawasan Industri Tenayan (Pekanbaru) dengan Kawasan Industri Dumai di Riau ini, akhir April 2020 sudah bisa dipakai.

“Akhir April selesai (pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Dumai. Bisa dipakai saat lebaran nanti,” kata Joko Widodo dengan mengenakan rompi berwarna ungu beruliskan Indonesia Maju pada bagian depan dan ada gambar peta Indonesia pada bagian belakang.

Sudah Beroperasi 460 Kilometer

Jokowi menambahkan dengan adanya jalan tol ini sudah memangkas waktu tempuh yang lebih singkat dari biasanya 4 jam sampai 5 jam, adanya tol ini ke Dumai dari Pekanbari bisa ditempuh 1 jam 30 menit.

“Dari 2.900 kilometer (km) lebih kurang panjang Jalan Tol Trans Sumatera, yang sudah beroperasi 460 km,” ungkap Jokowi.

Tahun 2024 Semua Tersambung

Sementara itu, dikatakan Jokowi, Jalan Tol Trans Sumatera yang sedang dalam proses konstruksi ada sepanjang 490 km. Sedangkan yang akan dilelang tahun ini ada 740 km.

“Kita harapkan tahun 2024, sudah tersambung semuanya. Meskipun, saat saya cek internal rate of return masih 8 persen sampai 9 persen,” ujar Jokowi sebagaimana dilaporkan go riau.

artikel untuk Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Dengan adanya jalan tol di Pulau Sumatera, diharapkan Jokowi dapat meningkatkan perkonomian di Pulau Sumatera, terkhusus di Riau. Sehingga, sambungnya, semuanya jadi lebih cepat.

“Contohnya pengiriman logistik dan perpindahan orang. Sehingga daya saing kita akan lebih kompetitif. Nantinya pun akan nampak dalam index competitifnes Indonesia seperti apa,” jelas Jokowi.

baca berita terkait | TOL PEKANBARU DUMAI SEGERA BEROPERASI

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, tol Pekanbaru Dumai, tak lama lagi bakal tuntas dan segera beroperasi. Progress konstruksi jalan tol Permai kini sudah mencapai rata-rata 90 persen, bahkan sebagian sudah mencapai 100 persen. Sekadar diketahui, jalan tol Pekanbaru Dumai ini membentang sepanjang 131 km, menghubungkan Kota Pekanbaru hingga Dumai.

Sekadar diketahui jalan tol Permai ini dilengkapi 6 underpass untuk perlintasan gajah, 16 Jembatan, 4 simpang susun, serta 7 Gerbang Tol PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor pelaksana Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Dumai (Jalan Tol Permai) sekaligus anak perusahaan dari PT Hutama Karya (Persero) (HK), sedikit lagi merampungkan konstruksi Jalan Tol Permai.

sumber | go riau

Related posts

Leave a Comment