Pembangunan SMA Plus Negeri 2 Besitang Berbiaya Rp7,5 Miliar

SMA Plus

topmetro.news – Pemprov Sumut melalui Dinas Pendidikan, akan membangun SMA Plus Besitang itu pada bulan Juni 2020 di atas lahan sekitar 6 ha. Biayanya Rp7,5 miliar dari APBD Sumut tahun anggaran 2020.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mencanangkan pembangunan SMA Plus Besitang itu, bersamaan dengan SMK Negeri 1 Pematang Jaya, Langkat, di Kelurahan Kampung Lama, Rabu (26/2/2020).

Adapun Lahan di areal kebun kelapa sawit itu dihibahkan alias gratis oleh tokoh masyarkat Rajali Husin dari Yayasan Husin. Rajali Husin juga hadir pada acara itu.

SMA Plus

Adapun Gubernur Edy memotong pohon kelapa sawit di lahan tersebut, sekaligus menandai pencanangan pembangunan SMA Plus Besitang itu.

Dan pada tahun ajaran 2021/2022, Gubernur Edy mengatakan SMA Plus Besitang itu sudah menerima siswa-siswi baru angkatan pertama. Siswa itu berasal dari Langkat dan sekitarnya.

Gubernur Edy mengaku pendirian SMA Plus di Langkat sudah menjadi cita-citanya yang bahkan sejak menjabat gubernur atau tahun 2016.

SMP Plus Besitang maupun SMKN 1 Pematang Jaya itu, merupakan investasi pendidikan. Nantinya akan meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia di Langkat.

SMA Plus

Sebelumnya, Plt Kadis Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis, melalui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Stabat Dinas Pendidikan Provsu, Ichsanul Arifin Siregar, menjelaskan SMA Plus Besitang itu terdiri dari 16 ruang kelas, 3 ruang laboratorium dan asrama siswa.

Kemudian ruang lobi, ruang perpustakaan, lapangan upacara, lapangan futsal, lapangan bola voli, ruangan aula seni teater, taman baca, taman hijau dan lainnya serta dilengkapi masjid. Nantinya siswa sekolah ini diseleksi dan diajar oleh guru-guru pilihan.

SMA Plus Cita-cita Sultan Langkat

Sedangkan SMKN 1 Pematang Jaya itu, juga dibangun mulai pertengahan tahun 2020 berbiaya Rp3,8 miliar. Biaya ini bersumber dari APBD Sumut.

Nantinya sekolah itu dilengkapi antara lain ruang guru, ruang kelas, perpustakaan, ruang praktik siswa, mushala dan lapangan upacara, taman dan toilet. Dan pada 2021, SMKN 1 Pematang Jaya itu juga sudah menerima murid baru.

Sultan Langkat, Tuanku Azwar Abdul Jalil Rahmadsah Al-Hajj, mewakili masyarakat Langkat berterima kasih kepada Gubernur Edy dan jajaran yang akan mendirikan SMA Plus Besitang tersebut.

Sultan Langkat mengatakan pendirian sekolah ini merupakan bagian dari cita-cita Sultan Langkat sejak dahulu. Yakni bagaimana agar kualitas SDM di Langkat semakin meningkat.

Selain disaksikan masyarakat Besitang, kalangan guru dan pelajar, pencanangan pembangunan kedua sekolah atas itu juga dihadiri Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis dan para OPD Pemprov Sumut.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment