Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Hasyim: Awasi Pintu-Pintu Masuk dan Perbatasan

antisipasi Virus Corona

topmetro.news – Ketua DPRD Medan Hasyim SE minta Pemko Medan siaga antisipasi Virus Corona. Terutama pintu-pintu masuk seperti Bandara Kualanamu, Pelabuhan Belawan. Dan perbatasan-perbatasan wilayah Kota Medan dengan daerah lain.

Penegasan itu, pasca pengumuman Presiden RI Jokowi terkait kasus Virus Corona pertama di Indonesia. “Soalnya, dengan dipersempitnya ruang gerak keluar masuknya masyarakat ke Kota Medan dan sebaliknya maka peluang kecil tersebarnya virus mematikan itu masuk ke Kota Medan,” kata Hasyim di sela-sela kegiatan FGD di Hotel Emerald Garden, Selasa (3/3/2020).

Dia juga minta Pemko Medan dan jajaran supaya tidak memalingkan pengawasannya di lokasi-lokasi wisata. “Sebelum terjadi, kita minta semua pihak saling menjaga. Supaya virus-virus dari Wuhan tidak menyebar ke kota yang kita cintai ini,” ujarnya.

Memang, lanjutnya, kasus ini masih warga Depok yang terjangkit dan mudah-mudahan Kota Medan tidak terjadi. “Hingga saat ini, saya belum mendengar ditemukannya kasus tersebut. Meskipun demikian, kita meminta walikota dan jajarannya segera mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan jika ada warga Medan yang terjangkit,” pintanya.

Menurut dia, Pemko harus sudah memiliki alat canggih yang bisa mendeteksi virus dan disiagakan di rumah sakit. Sehingga kalau ada kejadian, pihak rumah sakit sudah bisa menanganinya sesuai prosedur. Kesiapsiagaan harus segera dilakukan Pemko Medan. Karena kasusnya sudah ada di Indonesia.

Ketersediaan Masker

“Sosialisasi dari Pemko kepada masyarakat itu sangat penting. Warga harus diedukasi dengan menyampaikan bahaya Virus Corona. Apa-apa yang harus dihindari dan yang dilakukan. Untuk pencegahan, pola hidup bersih harus dibiasakan. Seperti membiasakan mencuci tangan dengan sabun. Biasakanlah mengkonsumsi makanan bergizi seperti banyak makan sayur dan buah serta banyak minum air putih. Itu harus disosialaisasikan kepada masyarakat lewat para kepling,” tuturnya.

Ketersediaan maskerpun lanjut Hasyim harus cukup. Pemko harus menceking di toko-toko maupun apotek. apakah ketersediaan masker cukup atau tidak. Para distributor masker juga diingatkan Hasyim agar tidak berspekulasi dengan hiruk pikuknya wabah corona ini.

“Plt Wali Kota harus segera memastikan ketersediaan masker untuk masyarakat dalam kondisi cukup. Distributor kami minta jangan berspekulasi dengan menimbun stok masker. Sehingga harga mahal karena sulit ditemukan di pasaran. Makanya pemko kami minta supaya membentuk tim, untuk melihat kesiagaan rumah sakit, tim penyuluh untuk sosialisasi dan menceking ketersediaan masker di pasaran,” tutupnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment