Bupati Karo dan Anggota DPR RI Hadiri Kerja Tahun Desa Ndeskati

Kerja Tahun Desa Ndeskati Karo

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Camat Naman Teran Dwikora Sitepu, Kabid DPMD Tomi Keliat, menghadiri acara Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih Desa Ndeskati (Pesta Tahunan) Kecamatan Naman Teran, Jumat (6/3/2020) malam, di Jambur Desa Ndeskati.

Bupati Karo dalam sambutannya mengatakan, kedatanganya bersama rombongan atas undangan panitia dan masyarakat Desa Ndeskati. “Tentu ini sebagai kehormatan baginta untuk dapat hadir, sesuai dengan kearifan lokal Budaya Karo,” katanya.

Terkelin menilai, kerja tahun ini merupakan suatu kegiatan yang patut dilestarikan. “Apa yang telah dibudayakan oleh para leluhur, secara temurun-temurun hingga sekarang, wajib dipelihara demi pelestarian budaya,” sebutnya.

Lingkar Sinabung

Lebih lanjut Bupati Karo menyampaikan, ada pesan dari Kepala Desa Ndeskati terkait jalan evakuasi sudah lama terlantar. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya bersama dinas terkait akan turun ke lapangan. Terlebih desa ini di sekitar Lingkar Sinabung. Sehingga sangat dibutuhkan jalan evakuasi, apabila Gunung Sinabung erupsi.

“Apalagi ada anggota DPR RI bersama kita. Semua usulan dapat dicarikan solusinya serta program dari pusat banyak akan disalurkan dengan berkolaborasi dengan Pemkab Karo,” ucap Bupati Karo.

Sementara anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu Dapil Sumut III meliputi, Kabupaten Langkat, Kota Binjai, Tanah Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Kota Siantar, Simalungun, Batubara, Asahan, dan Kota Tanjungbalai berjanji akan terus membangun dapilnya.

“Saat Pemilu digelar, Desa Ndeskati sekitar lingkar Gunung Sinabung salah satu pendukung yang terbanyak. Memperoleh suara sekitar 4.000-an,” ujarnya sembari menambahkan pihaknya tidak pernah melupakan daerah itu.

Bedah Rumah

Menurut Bob, pihaknya pada tahun 2020 ini telah melobi program pusat. Dan ternyata direalisasikan berupa program bedah rumah dari Kementerian PUPR, sebanyak 30 unit rumah.

“Jadi dalam waktu dekat, ada 30 unit rumah khusus untuk Desa Ndeskati sekitar Lingkar Gunung Sinabung. Sedangkan untuk seluruh Karo, sudah ada 658 unit bedah rumah disiapkan. Dan program ini akan berjalan di tahun 2020 ini,” tegas anggota Fraksi PDI Perjuangan itu.

Sementara Kades Ndeskati Rahmat Sitepu mengucapkan terimakasih atas kedatangan bupati dan anggota DPR RI yang sudah meluangkan waktu menghadiri ‘Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih’, yang seyogianya dilaksanakan setiap Bulan Oktober. Tapi berdasarkan kesepakatan masyarakat, ditetapkan di Bulan Maret.

“Apa yang telah direncanakan oleh Bupati Karo dan anggota Komisi V DPR RI, kami masyarakat sangat mengapreisasi dan berterimakasih setinggi-tingginya. Sebab desa kami di Lingkar Gunung Sinabung masih ada perhatian Pemkab Karo dan pusat,” katanya.

Hal senada juga dikemukakan Camat Namanteran Dwikora Sitepu. Pihaknya sangat mengapresiasi Bupati Karo dan anggota DPR RI yang telah memperhatikan pembangunan di daerah Kecamatan Namanteran.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment