Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadhan 24 April, Lebaran 24 Mei

Awal Puasa Ramadhan

TOPMETRO.NEWS – Awal puasa Ramadhan 1441 Hijriah tidak lama lagi akan tiba. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa jatuh pada Jumat (24/4/2020). Sementara untuk lebaran tahun ini jatuh pada 24 Mei.

“Muhammadiyah menetapkan awal puasa Ramadhan jatuh pada Hari Jumat tanggal 24 April 2020,” kata Muhyiddin Djunaedi, Ketua PP Muhammadiyah Bidang Hubungan Internasional di Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Awal Puasa Ramadhan dan Lebaran Diputuskan

Selain awal puasa Ramadhan, Muhammadiyah juga telah menetapkan awal bulan Syawal atau Idul Fitri 1441 H jatuh pada Minggu (24/5/2020).

Muhyiddin menjelaskan penetapan awal Ramadhan dan Syawal 1441 H oleh Muhammadiyah berdasarkan perhitungan hisab wujudul hilal, artinya ketika bulan sudah nampak maka masuklah bulan baru.

“Kita tidak menerapkan sistem rukyatul hilal, apalagi dengan penampakan ukuran munculnya bulan sampai dua derajat,” ucap Muhyiddin yang juga wakil ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tak Perlu Dibesar-besarkan

Namun begitu, Muhyiddin menambahkan, Muhammadiyah sangat menghargai apabila nanti terjadi perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H. Menurutnya perbedaan itu tidak perlu dibesarkan-besarkan.

“Jadi kita saling menghargai kalau sampai terjadi perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan maupun Idul Fitri 1441 H,” ucap Muhyiddin.

artikel untuk Anda | Untung Ada TNI, Bersama Masyarakat, NKRI Utuh Terjaga

Ijtimak jelang Ramadhan 1441 H terjadi pada Kamis Wage (23/4/2020) pukul 09.29.01 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta (f= -07°48¢ (LS) dan l= 110°21¢BT) = +03°53¢09²(hilal sudah wujud).

Sementara di seluruh wilayah Indonesia, pada saat terbenam matahari, bulan berada di atas ufuk. Dengan demikian, Muhammadiyah akan melaksanakan salat tarawih pada Kamis (23/4/2020) malam.

baca pula | PLN Akan Diberi Award Jika Ramadhan Tak Mati Lampu

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, defisit listrik selama ini menghantui warga Sumut kian menemui titik terang.

Selain adanya penambahan daya listrik dari beberapa pembangkit yang ada, Sumut pun akan mendapat pasokan listrik dari kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) diperkirakan tiba di Belawan 20 Mei 2017 mendatang.

MVPP dikontrak Indonesia dari perusahaan Karpowership akan menambah daya listrik 240 Mega Watt.

Hal ini dikatakan pejabat PLN di ruang kerjanya Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Medan kemarin.

sumber | poskotanews

Related posts

Leave a Comment