Regal Springs Indonesia Daur Ulang OSF Menjadi Pakan Ternak di Kawasan Danau Toba

Regal Springs Indonesia

topmetro.news – Regal Springs Indonesia terus melanjutkan Program Keberlanjutan Terpadu KAMI PEDULI dengan mengumumkan perluasan Kebijakan Limbah Ikan Nol atau Zero Fish Waste Policy.

Perusahaan kini mulai mendaur ulang semua ikan di luar spesifikasi ‘out of specification fish’ (OSF) menjadi pakan ternak untuk semakin mengurangi tapak lingkungan dan meningkatkan pemanfaatan sumberdaya ikan.

“Sebuah pabrik pengolahan akan dibangun untuk menghasilkan pakan ternak dengan bahan baku ikan di luar spesifikasi. Program ini juga akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat,” kata Dian Octavia, Community Affairs Senior Manager.

Program Terpadu Kami Peduli

Regal Springs Indonesia sebelumnya telah menggunakan sumberdaya yang besar saat meluncurkan Program Keberlanjutan Terpadu KAMI PEDULI. Perusahaan di antaranya telah melakukan uji coba penggunaan alat pemberi pakan otomatis dan sistem daur ulang keramba untuk budidaya di Danau Toba dan memasang alat pengolah air yang baru di pabrik Lubuk Naga, Sumatera Utara.

“Sebagai bagian program KAMI PEDULI, kami memperluas Kebijakan Limbah Ikan Nol di luar pengolahan filet ikan. Dimana kami telah mendaur ulang sisa-sisa bagian ikan seperti sisik menjadi kolagen untuk industri farmasi dan mengolah kerangka ikan menjadi pupuk kompos untuk pertanian,” jelas Dian.

Baca Juga: Proses Produksi Regal Springs Deliserdang Perkerjakan 1200 Karyawan

“Kami kini memperluas Kebijakan Limbah Ikan Nol untuk juga mencakup semua ikan di luar spesifikasi (OSF) dari lokasi-lokasi budidaya kami di Danau Toba,” tambah Dian.

“Disamping itu, kami juga melakukan program pelepasan benih ikan. Termasuk juga penanaman pohon dan pembersihan danau untuk mendukung peningkatan mutu air di Danau Toba,” pungkas Dian.

Tentang Regal Springs Indonesia

Regal Springs Indonesia adalah perusahaan Akuakultur dan Pengolahan Bertanggung jawab bagian dari Regal Springs Group, perusahaan Swiss yang bermarkas di Singapura. Regal Springs Indonesia berkantor pusat di Medan dan memiliki operasi di Sumatera Utara dan Jawa Tengah. Mempekerjakan sekitar 3. 500 karyawan yang sebagian besar direkrut dari desa-desa sekitar operasi perusahaan.

Pada Juni 2019, Regal Springs Indonesia meluncurkan program keberlanjutan terpadu total 5 tahun yang disebut KAMI PEDULI Regal Springs. Program ini telah menetapkan standar operasional yang ambisius dan prakarsa-prakarsa keberlanjutan yang baru. Dan secara keseluruhan bertujuan untuk menghasilkan serangkaian produk

Naturally Better Tilapia. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa produk-produk Naturally Better Tilapia Regal Springs memiliki mutu terbaik untuk pasar dalam negeri dan ekspor.

Saat ini, Naturally Better Tilapia Regal Springs Indonesia mendapatkan sertifikasi dari Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) dari Kementerian Kelautan & Perikanan, British Retail Consortium untuk Cara Pengolahan yang Baik, ASC (Aquaculture Stewardship Council) Farming untuk Akuakultur Bertanggung jawab. ASC Chain of Custody untuk Ketertelusuran, ASC Social Module untuk Standar Sosial Budidaya. Global Aquaculture Alliance (GAA) & BAP (Best Aquaculture Practices) untuk Akuakultur Bertanggung jawab dan Ethical Trading & Social Compliance untuk Standar Sosial Pabrik.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment