Tim DPRD Sumut Tinjau RSU PTPN II dan RSU Sari Mutiara

Tim DPRD Sumut meninjau RSU

topmetro.news – Tim DPRD Sumut meninjau RSU PTPN II Tanjungmorawa sebagai tempat isolasi pasien terpapar Virus Corona. Juga RSU Sari Mutiara sebagai tempat skrining (deteksi dini) pasien yang menimbulkan gejala Virus Corona (Covid-19).

Peninjauan dipimpin Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting didampingi Wakil Ketua Dewan Rahmansyah Sibarani. Juga Ketua, Wakil Ketua dan anggota Komisi E Dimas Tri Aji, Tia Ayu Anggraini, Hendra Cipta dan dr Tuahman Purba, Jumat (20/3/2020) sore di kedua RSU tersebut.

Menurut Kabag SDM PTPN II Tanjungmorawa Nuriatmo kepada tim dewan, pihaknya sudah siap menerima pasien terpapar Virus Corona terhitung sejak Senin (23/3/2020). Dan ada sekitar 40 kamar ruang isolasi sudah ready. Serta sudah dimodifikasi sesuai SOP (standar operasional) yang ditetapkan ahlinya.

“Standar ruangan sudah dirancang dengan tekanan negatif. Agar tekanan udara di dalam kamar bisa keluar melalui exhaustpan yang dipasang berada di asbes kamar. Agar virus keluar ditekan udara dari luar,” ujar Nuriatmo.

Ditambahkannya, lokasi ruang isolasi ini akan disterilkan dan dilarang menjenguk pasien. “Tidak boleh siapa pun mendekat, kecuali tenaga medis. Dan akan tetap dijaga oleh aparat keamanan,” katanya.

Antisipasi Lonjakan Corona

Sementara itu, ketika Tim DPRD Sumut meninjau tempat skrining pasien yang menimbulkan gejala Virus Corona di RSU Sari Mutiara, dewan melihat sudah beraktivitas.

Menurut penuturan Parlindungan Purba dari RSU Sari Mutiara didampingi sejumlah tenaga medis, RSU Sari Mutiara hanya sebagai tempat pemeriksaan pasien memiliki gejala Virus Corona.

“Kita disini hanya sebagai tempat pemeriksaan. Dan tidak ada perawatan. Istilahnya hanya sebagai evakuasi cadangan,” ujar Parlindungan. Dia menambahkan, jika terjadi ledakan pasien Virus Corona, telah disediakan 25 ruangan dan 100 tempat tidur untuk pemeriksaan.

Menurut penjelasan Parlindungan, sejak dibukanya RSU Sari Mutiara sebagai tempat pemeriksaan pasien yang memiliki gejala mirip Virus Corona, sudah ada yang memeriksakan diri sebanyak 3-4 orang/harinya.

Dalam penijauan itu, Baskami dan Rahmansyah juga menyempatkan berbincang-bincang dengan tim dokter pemeriksa pasien yang memiliki gejala mirip Virus Corona yang dilengkapi dengan pakaian medisnya.

Baskami dan Rahmansyah menyampaikan apresiasinya terhadap RSU Sari Mutiara yang telah bersedia meminjamkan rumah sakitnya sebagai tempat pemeriksaan pasien virus corona.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment