Bupati Karo Action Lawan Virus Corona dengan Penyemprotan Disinfektan

penyemprotan disinfektan

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH selaku Pengarah Gugus Tugas dalam Penanganan Virus Corona (Covid-19) melakukan ‘action’ dengan penyemprotan disinfektan di sejumlah kantor instansi pemerintah di Karo. Baik di gedung DPRD maupun Dinas Dukcapil.

Penyemprotan itu dilakukan Bupati Karo didampingi Ketua Gugus Tugas Ir Martin Sitepu, anggota DPRD Karo Rapi Ginting, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Sekwan DPRD Karo Petrus Ginting, Kadis Dukcapil Susi Iswara Br Bangun, Kabag Operasi Polres Tanah Karo, Pasi Ops Dim 0205/TK, Jumat (20/3/2020), di Kabanjahe.

Menurut Bupati Karo, saat ini dilakukan peyemprotan disinfektan. Ini sebagai tindak lanjut telah dibentuknya Gugus Tugas sesuai SK Bupati Karo No. 360/080/BPBD /2020 pada 18 Maret 2020. Bertujuan untuk mengurangi penyebaran Virus Corona di kantor-kantor pelayanan publik.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, katanya, jelas mengurangi resiko penyebaran Virus Corona. Sehingga dirinya langsung uji coba ‘action’ penyemprotan perdana di kantor DPRD dan Dukcapil, sebagai tindakan nyata perang melawan Virus Corona.

Untuk itu, Terkelin menghimbau jangan panik, khawatir dan harus tetap tenang. Batasi ruang gerak ke luar rumah jika tidak perlu, jauhi tempat keramaian. Jaga kebersihan dan makan makanan bervitamin.

Posko Virus Corona

Di samping itu, apabila ada hal-hal menonjol diketahui masyarakat, Tim Gugus Tugas sudah membentuk kerjasama dengan Dinas Kominfo Karo, dengan memanfaatkan Media Command Center sebagai posko pusat menampung informasi terkait penanganan Virus Corona.

Sementara Ketua Gugus Penanganan Virus Corona Ir Martin Sitepu membenarkan, penyemprotan ini adalah yang pertama sejak SK Gugus Tugas dibentuk Bupati Karo.

“Lokasi yang kita pilih Kantor DRPD Karo dan Kantor Dukcapil Karo. Pasalnya lokasi ini merupakan pelayanan publik yang selama ini ramai dikunjungi masyarakat. Terlebih Dinas Dukcapil, setiap hari padat orang mengurus adminitrasi KTP dan surat surat lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Martin menuturkan, untuk penyemprotan disinfektan ini telah disediakan dua unit damkar guna mengangkat cairan. Dan hari ini khusus 4.000 liter cairan dihabiskan seputaran gedung DPRD, Dukcapil, Dinas Pertanian dan ruang taman hijau dan Kantor Camat Kabanjahe.

“Sedangkan di dalam ruangan kita utamakan menggunakan pompa gendong yang telah kita siapkan sebanyak tiga unit, untuk menyemprot ruangan,” katanya.

Menurut Ketua Gugus Tugas ini, kegiatan penyemprotan akan terus berlanjut setiap hari. Namun lokasi berpindah pindah nantinya. Hal ini sudah bagian program dan kesepkatan tim untuk menekan penyebaran Virus Corona.

“Tim akan bekerja terus 14 hari ke depan sesuai tugas gugus. Dimana bahan baku penyemprotan 3.500 liter yang tersedia, ini akan digunakan di wilayah seluruh Tanah Karo, dengan melihat sejumlah titik yang harus disemprot, sehingga bahan ini cukup, ” kata Martin Sitepu.

Tapi Ginting mewakili Ketua DRPD Karo sangat mengapreisasi action Bupati Karo bersama Tim Gugus Tugas lainnya. Ini guna meyakinkan masyarakat bahwa Pemkab Karo peduli dalam penanganan penyebaran Virus Corona.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment