KPU Samosir Tunda Tiga Tahapan Pilkada

tiga tahapan Pilkada

topmetro.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir terpaksa menunda tiga tahapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). Hal itu dilakukan setelah mereka menerima Surat Edaran KPU RI.

KPU Samosir mengeluarkan surat keputusan dengan No. 26/PP.04.2-Kpt/1217/KPU-kab/III/2020 tentang penundaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Samosir Tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

KPU Samosir juga mengeluarkan pengumuman No. 101/PP.04.2-PU/1217/KPU-Kab/III/2020 tentang Penundaan Pelaksanaan Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020.

Keputusan ini dilakukan KPU Samosir setelah menerima Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia No. 8 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Keputusan KPU No. 179/PL.02-Kpt/01/KPU/II1/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Pelantikan PPS

Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga | topmetro.news

Ketua KPU Samosir pun menjelaskan hal-hal seputar penundaan tiga tahapan Pilkada dimaksud. Ketiga tahapan yang ditunda itu adalah: Pelantikan PPS, Ferifikasi Faktual Calon Perseorangan.

“Pelantikan PPS sesuai tahapan Pilkada seyogianya berlangsung hari ini,” jelas Ika, Minggu (22/3/2020).

KPU Samosir sebelumnya telah merencanakan pelantikan PPS di dua tempat. Di Aula AE Manihuruk, Lumban Suhisuhi Pangururan pukul 14 untuk Kecamatan Pangururan, Kecamatan Ronggurnihuta, Kecamatan Simanindo, Kecamatan Sianjur Mulamula dan Kecamatan Harian. Dan di Aula HKBP Mogang, Palipi untuk Kecamatan Palii, Kecamatan Nainggolan, Kecamatan Onanrunggu, dan Kecamatan Sitiotio.

“Atas dasar Surat KPU RI, pelaksanaan Pelantikan PPS kita tunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” ujar Ika.

Sebagai panitia pelaksana Pilkada, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Bawaslu Samosir terkait penundaan tahapan Pilkada tersebut.

Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga membenarkan, bahwa pihak KPU Samosir telah berkoordinasi dengan mereka (Bawaslu Samosir-red) terkait penundan.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment