Tokoh Masyarakat Imbau Pengusaha Swasta dan BUMN Ikut Bantu Masyarakat

pengusaha swasta maupun BUMN

topmetro.news – Tokoh masyarakat di Sumut mengajak Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution dan seluruh bupati/wali kota se-Sumut untuk mengimbau para pengusaha swasta dan BUMN untuk ikut berpartisipasi membantu melakukan penyemprotan disinfektan massal di seluruh lingkungan masyarakat.

Selain itu, bisa membantu pengadaan hand sanitizer maupun ADP (alat pelindung diri) bagi para tenaga medis, untuk meminimalisir penularan Virus Corona (Covid-19).

Ajakan tersebut diungkapkan Ketua Siraja Oloan Sumut Sanggam SH Bakkara dan mantan anggota DPR RI yang juga Ketua Umum DPP KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) 1973 HN Serta Ginting kepada wartawan, Rabu (25/3/2020), melalui telepon di Medan.

“Sudah saatnya para pengusaha swasta, baik di PT KIM, PT TPL (Toba Pulf Lestari), pengusaha perkebunan maupun BUMN yang beroperasi di Sumut ikut berpartisipasi mengurangi beban penderitaan masyarakat yang saat ini dihantui ketakutan akibat merebaknya Virus Corona,” ujar Sanggam dan Serta Ginting.

Inventarisasi Pengusaha Cuek

Para konglomerat yang menanamkan investasinya di wilayah Sumut, tambah Serta Ginting dan Sanggam, tentunya sudah mengetahui apa yang diinginkan masyarakat. Termasuk untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona tersebut. Seperti pengadaan penyemprotan disinfektan secara massal ke pemukiman penduduk, pengadaan hand sanitizer, masker maupun ADP dokter dan para medis di sejumlah rumah sakit.

“Penyemprotan disinfektan secara massal serta pengadaan alat-alat kesehatan untuk menangkal penularan virus berbahaya tersebut sangat mendesak bagi masyarakat. Alangkah bahagianya rakyat, jika ada empati para pengusaha besar di daerah ini untuk ikut ambil bagian membantu masyarakat,” tegas Sanggam yang juga Wakil Ketua KADIN Sumut.

Bahkan Serta Ginting yang dikenal mantan Ketua SP-BUN PTPN IV ini mengajak masyarakat dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) untuk mencatat pengusaha swasta di PT KIM, perusahaan perkebunan maupun BUMN yang tidak ada kepeduliannya atau bantuannya terhadap masyarakat dalam nenghadapi Virus Corona.

“Mari kita awasi dan catat para konglomerat yang menanamkan investasinya di Sumut. Jika tidak ada empatinya terhadap masyarakat, agar menjadi perhatian Gubernur Sumut dan bupati/wali kota se-Sumut,” tegas Serta Ginting. Dia mengingatkan para pengusaha untuk menyisihkan keuntungannya untuk membantu masyarakat daerah ini.

Razia Apotek dan Minimarket

Sanggam SH Bakkara | topmetro.news

Selain itu, Sanggam Bakkara juga mendesak Polda Sumut dan Balai POM (Pengawasan Obat dan Makanan) Sumut segera melakukan razia ke apotek dan minimarket. Ini guna mengetahui apa penyebab terjadinya kelangkaan masker maupun hand sanitizer di pasaran. Sehingga menimbulkan keresahan masyarakat.

“Masker saat ini tidak ada ditemukan di pasaran. Jika pun ada, harganya sangat tinggi mencapai Rp7.000-Rp10.000/lembar. Ini harus menjadi perhatian serius bagi Poldasu dan Balai POM untuk menindak tegas para penjual masker yang mencari keuntungan pribadi saat masyarakat mengalami musibah Virus Corona,” ujar mantan anggota DPRD Sumut itu.

Dalam kesempatan itu, Sanggam juga mengungkapkan keprihatinannya atas minimnya peralatan medis berupa ADP bagi dokter dan perawat dalam menangani pasien terpapar Virus Corona. Sehingga perlu perhatian serius dari pemerintah maupun para pengusaha daerah ini.

“Para dokter dan perawat saat ini merasa resah akibat minimnya alat pelindung diri mereka. Sehingga perlu diadakan sebanyak-banyaknya agar pasien yang terpapar Virus Corona nantinya bisa tertangani dengan baik. Bagaimana masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang baik, jika ADP para medis pun tidak memadai,” tambah Dewan Pengawas Gapensi Sumut ini.

Berkaitan dengan itu, Sanggam dan Serta Ginting kembali menyentuh hati para konglomerat yang menanamkan investasinya di Sumut. Agar menyisihkan sebahagian keuntungannya membantu masyarakat dan para dokter sebagai ujung tombak menghadapi Virus Corona.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment