Modal Rambut Cepak dan Muka Sangar Ngaku TNI Rupanya Mantan Satpam

Modal Rambut Cepak
Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Modal rambut cepak dan wajah sangar yang sebelumnya mengaku anggota TNI ternyata mantan Satpam. Begitulah pria ini. Aksinya mencuri sepedamotor (curanmor) sekaligus menipu, akhirnya terbongkar. Tak pelak lagi pria ini pun ditangkap Intel Kodim 0201/BS, Minggu (22/3/2020).

Modal Rambut Cepak Mengaku Pangkat Mayor

Seperti diberitakan GridMotor yang dikutip dari Tribun-Medan, pria yang menyaru dengan menyandang pangkat mayor ini beraksi di beberapa tempat di kota Medan dan sekitarnya.

Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, Kapendam I/BB mengakui Kodim 0201/BS telah membekuk seorang pria yang mengaku anggota TNI berpangkat mayor dari Mabes TNI.

Tak Bisa Tunjukkan Identitas Diri

Pria dimaksud menipu warga dengan menjanjikan bisa memasukkan ke Akademi Militer (Akmil).

“Penangkapan di daerah Marelan, Kabupaten Deli Serdang pada hari Minggu tanggal 22 Maret 2020,” ujar Kapendam seperti diberitakan media nasional itu.

Setelah diamankan, pria ini tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai anggota TNI.

Gelagat tak baik itu tercium personil Intel dan Tim Danpok Bansus hingga mengamankan pria itu berikut barang bukti dari mayor gadungan.

Mengaku Bisa Luluskan Akmil

Sejumlah barang bukti antara lain: topi pet hijau pangkat pamen, kaos loreng, topi hijau ekapaksi, satu buah pin intel ekapaksi, tas berlogo Rider dan tempel PTPN II beserta tintanya.

baca selengkapnya | Kisah Daniel Na-70, Anggota TNI Palsu, Dilapor Camer Simamora, Ditangkap di Dairi

Hasil pemeriksaan lanjutan pelaku telah berhasil memperdaya seorang masyarakat bernama Antoni, warga Batangkuis dengan iming-iming bisa lulus Akmil.

Rekannya Bernama Ucok, Berhasil Kabur

Dari Antoni, pelaku berhasil membawa kabur Yamaha Scorpio z ( telah dijual pelaku) dan diketahui orang tua korban juga telah memberikan atau menyerahkan uang sebesar Rp 60 juta.

“Pelaku saat melakukan kegiatan aksinya sering bersama temannya bernama ucok yang kabur melarikan diri saat penangkapan. Penipuan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya,” kata Kapendam.

Postur Tubuh Bak TNI Cukup Meyakinkan

Awalnya korban menyatakan merasa yakin kalau pria bernama Arianto ini seorang Prajurit TNI, karena tersangka sering membawa seperti senjata api benaran.

“Namun kalau untuk senjata api ini belum diketahui apakah senjata softgun atau mancis (dibawa kabur temannya melarikan diri).”

artikel untuk Anda | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

“Ditambah lagi korban semakin yakin ketika dibawa untuk cek kesehatan di RSU Putri Hijau,” tambahnya.

7 Tahun Jadi Satpam PTPN2

Tak cuma menipu Antoni saja. Dari hasil pemeriksaan diperoleh informasi pelaku juga berhasil menipu warga lainnya.

Yang bernama Irwan dengan uang belasan juta untuk keperluan kepengurusan tanah Eks HGU PTPN2 di Binjai dan Tanjung Morawa.

Diserahkan ke Mapolrestabes Medan

Dari sinilah terungkap, tersangka ternyata pernah menjadi Satpam PTPN2 di Batangkuis, selama 7 tahun dan selanjutnya dipecat dari perusahaan.

“Guna pengembangan penyelidikan lebih lanjut tersangka Arianto diserahkan ke Polrestabes Medan.”

baca pula | Sial..!!! Tentara Gadungan Ditangkap

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, Hera Sosopa (48) warga Bangun Jadi Rt 3/Rw 6 Kepenghuluan Kota Paret Kecamatan Simpang Kanan ini sempat mengaku dari kesatuan Kodim Rantau Prapat, setelah diinterogasi akhirnya dia mengaku sebagai terntara gadungan.

Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Bambang Sukisworo melalui Pasi Intel Kapten Inf Rosman Sembiring, Minggu (5/11/2017) silam menyampaikan terungkapnya identitas tentara gadungan itu atas kecurigaan Anggota Unit Intel Kodim Rohil terhadapnya.

reporter | Dpsilalahi

sumber | Gridmotor

Advertisement

Related posts

Leave a Comment