Bupati Karo dan Dandim 0205/TK Gelar Rakor Pembentukan Gugus Tugas Baru

pembentukan Tim Gugus Tugas

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menggelar rapat koordinasi bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal untuk pembentukan Tim Gugus Tugas baru dalam penanganan penyebaran Virus Corona, Rabu (1/4/2020), di ruang kerja Bupati Karo.

Hadir di antaranya Ketua Gugus Tugas Karo Ir Martin Sitepu, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kasdim 0205/TK Mayor Inf D Marpaung, Pasi Intel Kapten Gandi, Pasi Ops Kapten Inf JMH Tampubolon, dan Pasi Pers Kapten Bangkit Hutahean.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal menyampaikan, akan mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat dalam menjalankan Keppres No. 9/2020 dan Surat Edaran Mendagri No. 440/2622 /SJ tanggal 29 Maret 2020 tentang Pembentukan Percepatan Gugus Tugas Penanganan virus Corona Covid-19 seluruh provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia.

Program pusat ini, katanya, wajib dijalankan. Dan jajaran TNI wilayah Tanah Karo siap mengawal proses pembentukan hingga nanti terbentuk SK (surat keputusan) dari Bupati Karo selaku Ketua Gugus Tugas yang baru. Ini sesuai nomenklatur yang telah ditetapkan oleh Mendagri.

Untuk itu, Taufik mengigatkan, pembentukan Satgas Covid-19 sesuai amanah Undang-undang, penekanan Presiden Jokowi dan Surat Edaran Mendagri. “Sebaiknya segera dibentuk. Sebab tujuannya agar tim dapat bekerja maksimal dan efektif,” tegasnya.

Dasar SK (surat keputusan ) yang ada, Taufik menyebut dapat menggerakkan pasukan jajaran TNI yang ada di Karo sampai tingkat koramil, selaku komandan kewilayahan sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas 1 dalam aturan yang baru, yang diharapkan dalam minggu ini dapat segera terbentuk.

Taufik menjamin, jika SK Gugus Tugas yang baru terbentuk, akan langsung konsolidasi dengan tim yang lain. Yakni bersama Bupati Karo selaku Ketua Gugus Tugas dan Kapolres Tanah Karo (Wakil Ketua Gugus Tugas 2), untuk program yang dijalankan di seluruh wilayah Tanah Karo.

Bupati Karo Apresiasi

Menyahuti hal tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi semangat dan dukungan yang disampaikan Dandim ke Pemkab Karo dalam hal pembentukan Gugus Tugas baru tersebut.

“Terimakasih Bapak Dandim sudah ingatkan kami. Dan masukan ini akan menjadi prioritas segera untuk menindaklanjuti pembentukan Gugus Tugas sesuai amanah Undang-undang. Agar segera dibentuk menurut nomenklatur yang telah ditetapkan. Di samping itu, lebih cepat terbentuk lebih cepat tim bekerja,” katanya.

Terkelin langsung memerintahkan Ketua Gugus Tugas yang lama Ir Martin Sitepu, agar segera tanggap dan memperbaharui SK yang sudah ada dengan nomenklatur yang baru. Sesuai juknis edaran dari Mendagri.

Martin Sitepu menyatakan dalam waktu yang cepat akan tersusun kepengurusan pembentukan Gugus Tugas yang baru. “Intinya, pembentukan ini segera akan kita informasikan. Jika sudah siap kami susun, pasti akan kita tembusi. Sebab kepengurusan ini banyak yang berubah nomenklaturnya,” ucap Martin.

Mudah-mudahan, dalam minggu ini jika tidak ada halangan, konsep SK sudah siap dan matang. Dan akan siap dibesarkan bagi tim yang terlibat.

reporter | FP Pinem

Related posts

Leave a Comment