Bupati Samosir Letakkan Batu Penjuru Bangunan Rusun RSUD Hadrianus Sinaga

peletakan batu penjuru

topmetro.news – Bupati Samosir Rapidin Simbolon melakukan peletakan batu penjuru bangunan rusun (rumah susun) Provinsi Sumatera IV TA 2020, di lokasi RSUD Hadrianus Sinaga, Pangururan, Rabu (8/4/2020).

Rumah susun ini diperuntukkan bagi medis dan paramedis. Masa pekerjaan proyek ini direncanakan tujuh bulan, dengan sumber dana APBN Tahun 2020 sebesar Rp17.946.287.000.

Turut mendampingi Bupati Samosir, Wakil Bupati Juang Sinaga, Ketua DPRD Samosir Saut Tamba, Sekretaris Daerah Jabiat Sagala, pimpinan SKPD, dan Direktur RSUD Hadrianus Sinaga Friska Situmorang. Juga ada tokoh masyarakat/agama, pihak PT Sogos Karya Sabungan (pelaksana pengerjaan), dan para insan pers.

Jabarang Simbolon, perwakilan dari tokoh masyarakat, menyampaikan historis partisipasi masyarakat dalam pembangunan RSUD Hadrianus Sinaga pada tahun 1956 untuk meningkatkan layanan kesehatan. Dia mengharapkan pembangunan dapat terus dilanjutkan untuk pengembangan RSUD Hadrianus Sinaga ke depannya.

Mangiring Naibaho, tokoh agama pemimpin acara peletakan batu penjuru. Dia mengutip Nats Firman Tuhan dari Matius 7:24-25 tentang dua macam dasar mendirikan bangunan. Dia menegaskan bahwa Tuhan lah yang menjadi sumber dari segala dasar yang ada di atas langit dan Bumi.

Perwakilan PT Sogos Karya Sabungan, Sonni Golfried Silalahi menyampaikan, mereka berupaya menyelesaikan pembangunan dalam waktu tujuh bulan. Sehingga dapat digunakan bagi medis dan paramedis untuk meningkatkan layanan kesehatan di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan RSUD Hadrianus Sinaga sejak tahun 1956 hingga sekarang. “Kiranya Tuhan memberkati masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan RSUD Hadrianus Sinaga ini dalam kesatuan hati dan tenaga dengan Pemerintah Kabupaten Samosir,” kata Rapidin.

Kinerja Tenaga Medis

Sebelum pembangunan ini, ungkap Rapidin, Pemkab Samosir telah mengadakan komunikasi dengan Kementerian PUPR tentang kebutuhan pembangunan rumah susun tahun 2020. Juga soal Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehentif (PONEK) Tahun 2021. “Tenaga dokter telah ditambah. Oleh karena itu, fasilitas tempat tinggal mereka juga perlu disiapkan,” katanya.

Dia juga mengharapkan kinerja para tenaga medis dapat ditingkatkan karena tempat tinggal mereka dekat dengan rumah sakit.

Selain itu, Rapidin juga menyampaikan, pembangunan rumah susun akan diintegrasikan dengan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Samosir dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat akan layanan fasilitas kesehatan.

“Saya meminta agar para pekerja dilengkapi dengan masker dalam melaksanakan pekerjaannya sehari-hari,” harapnya, terkait pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Samosir saat ini.

“Kiranya Tuhan menyertai pembangunan Rumah Susun RSUD Hadrianus Sinaga bagi medis dan paramedis hingga selesai. Dan dapat dirasakan masyarakat dampaknya dalam layanan fasilitas kesehatan,” katanya.

sumber | Kominfo Pemkab Samosir

Related posts

Leave a Comment