Komisi X dan Kempora Sepakat Tunda PON XX Papua

PON Papua ditunda

topmetro.news – Komisi X DPR dan pemerintah sudah menyepakati bahwa penyelenggaraan PON XX/2020 di Papua harus ditunda. Bahkan diprediksi, bukan hanya PON, penundaan juga akan terjadi untuk sejumlah even olahraga nasional akibat dampak Pandemi Covid-19.

Menurut Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, pihaknya sudah melaksanakan rapat kerja secara virtual dengan Kemenpora. Dari rapat itulah, kedua belah pihak menyepakati penundaan pelaksanaan PON.

“Kami menyepakati PON ditunda karena Pandemi Covid-19 ini. Terkait hingga kapan penundaannya, tangga, bulan dan tahunnya, kita serahkan Menpora berkonsultasi dengan Presiden,” ujar Syaiful Huda, dalam keterangannya, Rabu (15/4/2020).

Ada sejumlah alasan penundaan itu. Yang utama adalah belum ada tanda maupun kepastian Pandemi Covid-19 akan berlangsung hingga kapan. Sehingga sejumlah pengadaan terkait persiapan PON juga terganggu.

Kedua, persiapan para atlet yang akan bertanding juga termasuk terganggu. “Tidak hanya PON XX. Namun Kemenpora memperkirakan hingga Juli 2020 tidak ada even olahraga nasional maupun internasional apa pun,” imbuhnya.

Venue PON

Walau demikian, baik Komisi X dan Kemenpora sama-sama menyepakati kelanjutan pembangunan venue PON. Saat ini, proyek tersebut tetap berjalan walau lajunya kurang maksimal.

Selain soal PON Papua yang ditunda, Huda mengatakan pihaknya juga meminta agar anggaran Kemenpora sebesar Rp270 miliar tidak direalokasi dari bidang kepemudaan dan olahraga.

BACA | Kompetisi Disetop, Peserta Liga 1 Indonesia Minta Solusi dari PT LIB Terkait Kontrak Pemain

“Kita minta dilakukan komunikasi yang intensif antara Kempora dan Kemkeu supaya dana yang dipotong itu diperuntukkan kembali untuk kepentingan atlet, offisial dan lain-lain yang terdampak Corona ini. Kan banyak pensiunan atlet atau atlet yang tidak mendapatkan pemasukan karena tidak ada kejuaraan,” pungkasnya.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment