Usai Tinjau Lokasi Banjir Bandang, Gubernur Edy Rahmayadi Jenguk Korban

Tinjau Lokasi Banjir

TOPMETRO.NEWS – Usai tinjau lokasi banjir Bandang di Bendungan Lau Simeme, pasca meluapnya sungai Sibiru-biru, Kecamatan Biru-buru, Kabupaten Deli Serdang, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi Rabu (15/4/2020) pagi sekira pukul 08.00 Wib menjenguk korban banjir.

Lokasi Banjir Bandang, Gubsu Lihat dari Dekat Kondisinya

Kedatangan orang nomor satu di Sumatera Utara ini langsung disambut warga sekitar maupun masyarakat di lokasi dan tengah melihat kondisi tepi sungai yang rusak diterjang banjir bandang, Selasa (14/4/2020).

Tiba di Kecamatan Biru-Biru, Gubernur Edy Rahmayadi, mengungkapkan keprihatinannya atas bencana dekat bendungan yang sedang dibangun Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II Kementerian PUPR. Dirinya berharap kejadian serupa supaya tidak terjadi lagi.

ARTIKEL UNTUK ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

Kepada Kepala BWS Sumatera II, Roy Pardede yang ikut bersama Gubernur Edy dalam tinjauan itu, meminta agar dilakukan peningkatan keamanan dan kesalamatan di sekitar sungai.

Telan Korban Jiwa

Akibat banjir bandang itu, menelan korban jiwa bernama Mesias Tarigan Silangit dan satu orang lagi hanyut terbawa arus banjir, Roy Saputra Bangun. Sampai saat ini masih dalam pencarian Tim SAR bersama TNI dan Polri.

“Kita turut berduka sedalam-dalamnya kepada keluarga korban. Semoga keluarga korban diberikan kelapangan hati. Saya sudah meminta kepada Kepala BWS Sumatera II dan pihak kontraktor Bendungan Lau Simeme agar sistem keamanan sungai Sibiru-biru ditingkatkan lagi, karena sekarang kita memasuki musim penghujan. Jadi kejadian seperti ini tidak terjadi lagi,” ucap Edy Rahmayadi.

Tinjau Lokasi Banjir2

Kondisi Korban Selamat

Sementara satu orang lagi korban ditemukan dalam keadaan selamat bernama Riki Leonardo Sembiring. Saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Umum Sembiring Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Usai meninjau lokasi, Gubernur Edy Rahmayadi, menjenguk korban selamat yang saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Sembiring.

Kedatangan Edy Rahmayadi didampingi Camat Delitua Wakil Karo-karo SE.

Kemudian Gubernur menuju tempat korban dirawat.

Selain memberi semangat agar cepat pulih, Edy juga menunjukkan keprihatinannya dan memberi santunan.

”Semangat ya, cepat sembuh dan semoga cepat pulih,” ucap Edy kepada korban di RSU Sembiring.

BACA PULA | Gubsu Tinjau Lokasi Banjir Bandang Labura

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir bandang yang terjadi di Desa Pematang dan Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura).

Turut serta Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Untung Budiarto, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, dan Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis.

Berangkat menggunakan helikopter, Gubernur dan rombongan take off dari Helipad Lapangan Markas Kodam I/BB, Jalan Gatot Subroto, Medan, Rabu (8/1). Tiba dan mendarat di Lapangan SD Negeri Pematang, Labura, Gubernur disambut oleh Bupati Labura Khairuddin Syah dan Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi.

Usai menyapa masyarakat dan siswa SD yang juga ikut menyambut, Gubernur dan rombongan kemudian bergerak meninjau lokasi banjir bandang di Dusun Siria-ria, Desa Pematang, Kecamatan NA IX-X. Kehadiran Edy disambut antusias oleh masyarakat korban bencana. Ibarat bertemu orangtua, mereka meluapkan keluhan dan meminta bantuan.

Reporter | Iswandi Nasution

Related posts

Leave a Comment