Pemprov Sumut Siapkan Rp260 M Bagi Warga Terdampak Covid-19

Pemprov Sumut

topmetro.news – Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, menyebutkan, Pemprov Sumut menyiapkan dana Rp260 miliar untuk masyarakat Sumut yang ekonominya terkena dampak covid-19. Bantuan itu akan diberikan kepada sekitar Rp 1,3 juta kepala keluarga. Namun pendataan masih dilakukan untuk memastikan kelayakan KK si penerima (tepat sasaran).

Hal itu dikatakan Gubernur Edy Rahmayadi menjawab wartawan usai menggelar pertemuan dengan DPRD Sumut di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (15/04/2020).

Pemprov Sumut Sasarkan Bantuan Kepada 1,3 Juta KK

“Dari pendataan kami sampai saat ini tercatat ada sekitar 1,3 juta kepala keluarga yang tergolong tidak mampu terkena dampak Covid-19. Setelah dihitung, satu bulan Pemprovsu akanmembantu total sekitar 260 miliar,” ujar Edy.

Adapun dana tersebut akan diambil dari refocussing anggaran kegiatan dan relokasi anggaran Pemprovsu tahun anggaran 2020. Setiap tahapannya, Pemprov Sumut menyediakan dana sekitar Rp 500 miliar.

Seluruhnya ada 3 tahap persiapan yang dilakukan Pemprov Sumut dalam penanganan Covid-19. Pada tahap pertama, disiapkan Rp 502 miliar.

Jika pandemi covid-19 belum berakhir, maka lanjut ke tahap kedua dengan dana Rp 500 miliar. Jika juga belum berakhir, berlanjut ke tahap ketiga sebesar Rp 500 miliar.

“Ini demi rakyat kita. Tetapi, kita tentu tak ingin ada tahap kedua dan tahap ketiga,” tambah Edy Rahmayadi, seraya menegaskan rencana itu telah mendapatkan dukungan dari DPRD Sumut.

Sebelumnya pada pertemuan yang juga dihadiri Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, dan Sekdaprov Sumut, R Sabrina itu serta para Pimpinan OPD Pemprov Sumut, dibahas juga soal fasilitas kesehatan di rumah sakit, dokter dan perawat serta menjaga agar operasional perusahaan tetap berjalan supaya tidak berlanjut ke PHK.

Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Sumut, Syahrul Ependi, mengatakan dukungan DPRD Sumut terhadap upaya-upaya Pemprov Sumut dalam penanganan Covid-19. DPRD Sumut, katanya, akan terus memantau dan mengawasinya.

“Kita akan dukung Pemprov Sumut dalam upaya penanganan Covid-19, tetapi kita juga akan mengawasi ketat agar semua sesuai dengan tata cara yang benar,” kata Syahrul.

Penulis I Erris JN

Related posts

Leave a Comment