DPRDSU Minta Gubsu Gratiskan Rekening Air Selama Pandemi Covid-19

rekening air pelanggan

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting minta Gubsu memerintahkan PDAM Tirtanadi agar menggratiskan rekening air pelanggan selama pandemi Covid-19, yang berdampak terhadap tingkat kesulitan ekonomi masyarakat.

“Gubsu selaku pemilik perusahaan daerah perlu meringankan beban masyarakat pelanggan. Dengan menggratiskan rekening air selama tiga bulan (April, Mei dan Juni). Karena rakyat saat ini sangat terpuruk akibat wabah Covid-19,” ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Jumat (17/4/2020), di DPRD Sumut.

Menurut Baskami, PDAM Tirtanadi sebagai perusahaan daerah yang mengelola air minum harusnya ikut berkontribusi meringankan masyarakat terkhusus pelanggannya. Seperti kebijakan pemerintah pusat pembebasan biaya tagihan listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450VA dan diskon 50 persen untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi.

“Kebijakan pemerintah pusat yang ditandatangani Presiden Joko Widodo itu hendaknya diikuti Gubsu. Dengan mengeluarkan kebijakan yang sama dengan menggratiskan rekening air PDAM Tirtanadi Sumut kepada masyarakat pelanggan yang sangat terdampak oleh Virus Covid-19,” ujarnya.

Mapping Pelanggan PDAM

Sebelum kebijakan gratis rekening air diterapkan, politisi PDI Perjuangan ini menyarankan PDAM Tirtanadi melakukan mapping. Atau memetakan semua jumlah pelanggan PDAM Tirtanadi. Dan selanjutnya Gubernur secepatnya mengeluarkan Pergub sebagai payung hukumnya. “Acuannya bisa diadopsi dari yang telah disampaikan Presiden Jokowi,” sarannya.

Menurut anggota dewan dari Dapil Sumut II ini lagi, Direksi PDAM Tirtanadi tidak perlu terlalu lama mengkaji-kaji rencana menggratiskan rekening air selama pandemi Covid-19. Karena perusahaan daerah tersebut sudah memiliki data pelanggan secara online dan webs. Sehingga dapat dengan cepat memilah pelanggan yang digratiskan rekening airnya.

Karena, lanjut Baskami lagi, masyarakat sedang membutuhkan bantuan saat ini. Sekecil apa pun bantuan itu bentuknya, sangat membantu masyarakat dalam situasi kondisi wabah corona berdampak terhadap sosial ekonomi masyarakat. “Jadi semua pihak kita harapkan ikut berkontribusi nyata dan aktif. DPRD Sumut sebagai lembaga pengawasan, tentu akan terus menuntut agar PDAM Tirtanadi ikut peduli membantu masyarakat di situasi sulit sekarang ini,” tambah Baskami.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment