Virus Corona, Menperin: ”Momentum RI Bangun Industri Alat Kesehatan”

Industri alat kesehatan

TOPMETRO.NEWS – Industri alat kesehatan, saatnya Indonesia berpikir untuk membangunnya. Ini dikatakan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Katanya kini merupakan momentum yang tepat bagi Indonesia untuk membangun sektor industri alat kesehatan dan farmasi yang mampu memproduksi ventilator sehingga mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Industri Alat Kesehatan Mendapat Dorongan dari Presiden

“Presiden telah mendorong agar Indonesia dalam jangka menengah dan panjang harus menjadi negara yang mandiri di sektor kesehatan dan kemampuan memproduksi ventilator merupakan salah satu prasyaratnya,” ungkap Agus dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (22/4/2020).

Perkuat Sektor Industri

Agus seperti diberitakan JawaPos menambahkan, sektor industri sedang melakukan refocusing untuk membantu upaya pemerintah dalam memperkuat sektor industri yang masuk dalam kategori high demand seperti alat kesehatan, obat-obatan, dan vitamin.

Sesuai arahan Presiden, kebutuhan itu diharapkan dapat dipenuhi oleh industri dalam negeri.

ARTIKEL UNTUK ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

“Kami yakin terhadap potensi dan kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi permintaan yang tinggi dan juga dapat mengurangi ketergantungan impor,” jelasnya.

BACA PULA | Di Aceh Singkil, Belum Ada Alat Pendeteksi Virus Corona

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, alat pendeteksi Virus Corona belum ada di Aceh Singkil. Sementara pemkab setempat tetap mengimbau masyarakat Aceh Singkil jangan terlalu cemas mengenai Virus Corona (Covid 19) yang saat ini menjadi isu internasional.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali saat reporter topmetro.news melakukan wawancara di kediamnya, Senin (16/3/2020).

Sazali mengatakan saat ini sudah ada ruangan dipersiapkan di RSUD Aceh Singkil apabila ada masyarakat yang terpapar Virus Covid 19 tersebut.

“Untuk saat ini kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh Singkil agar jangan terlalu cemas mengenai kabar tentang virus tersebut. Yang perlu kita lakukan ialah selalu menjaga kesehatan. Serta meminta lindungan kepada Allah SWT,” ucap Sazali.

Reporter | Dpsilalahi
Sumber | JawaPos

Related posts

Leave a Comment