Janji PLN, Ramadhan tak Ada Pemadaman Listrik

Tak ada pemadaman listrik

TOPMETRO.NEWS – Tak ada pemadaman listrik. Setidaknya PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara (Sumut) memastikan hal itu. Perusahaan plat merah ini optimis tak ada pemadaman listrik akibat kekurangan pasokan maupun pemeliharaan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H. Untuk mendukung upaya itu, ribuan personel pun telah disiagakan mengantisipasi gangguan listrik di masa itu.

“Kami pastikan selama Ramadhan dan Idul Fitri tidak akan ada padam karena defisit,” kata M Irwansyah Putra, General Manager PLN UIW Sumut di Medan, Rabu (22/4/2020).

Tak Ada Pemadaman Listrik, Pasokan Daya Surplus

Irwansyah, sebagaimana diberitakan spiritriau menjelaskan, pasokan daya untuk kelistrikan di Sumut sudah surplus.

Total daya mampu pasok kelistrikan Sumatera Bagian Utara, kata dia, mencapai 2.801 MW. Sementara perkiraan beban puncak tertinggi Sumatera Bagian Utara sebesar 2.326 MW, dengan beban 1.851 MW untuk UIW Sumut.

Punya Stok Daya 471 MW

Artinya, urainya pula, masih ada kelebihan daya rata-rata sebesar 471 MW di Sumatera Bagian Utara, bahkan ketika sudah mencapai beban puncak.

BACA ARTIKEL ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

Selama Ramadan dan Idul Fitri ini, PLN juga tidak akan melaksanakan pemeliharaan jaringan. “Maka dapat dipastikan tidak ada pemadaman yang disebabkan oleh pemeliharaan jaringan,” sambung Irwansyah.

2.843 Petugas PLN Disiagakan

Untuk mengantisipasi gangguan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri, PLN UIW Sumut menyiagakan 2.843 petugas.

Mereka terdiri dari 2.795 personel dinas gangguan serta 48 orang petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Selain itu, PLN UIW Sumut juga menyiagakan 217 unit genset mobile, 47 unit gardu bergerak (UGB), serta 8 UPS yang berkapasitas 640 KVA. Untuk kendaraan pelayanan teknik, 10 unit crane, 128 mobil dan 202 unit mobil dinas gangguan juga disiagakan.

Sebagai langkah antisipasi terhadap kondisi khusus, seperti keadaan darurat maupun cuaca yang buruk, PLN telah memiliki SOP penyelesaian. Petugas PDKB disiapkan untuk menyelesaikan gangguan jaringan guna meminimilisir pemadaman. Selain itu, menjelang masa Ramadan dan Idul fitri telah dilakukan Gerakan Bersih di 454 penyulang serta Gelar Pasukan Yantek di seluruh unit PLN UIW Sumut.

“Dengan semua upaya pengamanan ini, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara optimistis kehandalan kelistrikan selama Ramadan dan Iidul Fitri 1441 H,” tegas Irwansyah.

Imbauan PLN Pelihara Utilitas Kelistrikan

Irwansyah mengimbau masyarakat untuk membantu memelihara utilitas kelistrikan dengan menginformasikan potensi gangguan melalui Call Center PLN 123 atau PLN mobile, sehingga proses penanganan dapat dilaksanakan lebih cepat.

“Untuk layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dapat dilakukan melalui media Contact Center PLN 123 maupun PLN mobile, dan untuk pembayaran tagihan rekening dan pembelian token dapat dilakukan melaui e-commerce, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Traveloka dan lain-lain, serta aplikasi e-wallet seperti OVO, gopay, DANA, link aja dan lain-lain.”

BACA SELENGKAPNYA | Listrik Padam 2 Kali Sehari, Gubsu Panggil Pihak PLN Sumut

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, gegara listrik padam dua kali sehari di sebagian besar wilayah Sumatra Utara, yakni pada Kamis pagi dan malam (9/5/2019), Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, tak berada di Sumut karena mengikuti Musrenbangnas di Jakarta. Namun kepada Gubsu kabar listrik padam itu telah sampai.

Dari Jakarta pada Kamis sore, Gubernur Edy pun berpesan agar listrik tak padam, apalagi bertepatan dengan momen ibadah puasa ramadhan bagi umat Islam.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | spiritriau/inews

Related posts

Leave a Comment