Bupati Asahan Ikuti Musrenbang RKPD Pemprovsu Dengan Kemendagri

Bupati Asahan

topmetro.news – Bupati Asahan, H Surya BSc dan Bupati/Walikota se Provinsi Sumatera Utara mengikuti Musrenbang RKPD Pemprovsu tahun 2021 melalui video conference. Musrenbang ini juga disaksikan Dirjen Kemendagri, Tumpak Simanjuntak dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa. Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Wagubsu, Musa Rajeksah, Ketua DPRD Provsu dan Sekda Provsu membuka Musrenbang RKPD, Kamis (23/4/2020).

Bupati Asahan didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs John Hardi Nasution, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Bambang HS  dan Kepala Bappeda, Zainal Arifin Sinaga MH.

Bupati Asahan Dengarkan Arahan Gubsu

Edy Rahmayadi menegaskan penanganan covid-19 di Provinsi Sumut sudah ditetapkan status tanggap darurat hingga 20 Mei 2020.

“Untuk itu, berbagai upaya penanganan terus kita tingkatkan, baik fasilitas kesehatan, ketersediaan perlengkapan medis, penyiapan jaringan pengamanan sosial maupun edukasi kepada masyarakat. Hal ini dilakukan dalam mengantisipasi dampak covid-19 yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk menyikapi kondisi tersebut, Pemprovsu akan melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang refocussing kegiatan dan realokasi anggaran, keputusan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan tentang percepatan penyesuaian APBD tahun 2020 dalam rangka penanganan covid-19.

Baca Juga: Bupati Asahan Salurkan APD Bantuan dari Pemprovsu Kepada Puskesmas

Pengamanan daya beli masyarakat dan prekonomian nasional yang pemanfaatannya digunakan untuk belanja kesehatan, social safetynet atau jaringan pengamanan sosial, price stabilization, stimulus ekonomi untuk menggerakkan kembali roda prekonomian melalui penyelenggaraan pasar murah yang aman dan terjaga, disiplin social distancing dan subsidi angkutan untuk distribusi bagi petani dan nelayan.

Edy Rahmayadi menginstruksikan kepada seluruh Bupati/Walikota termasuk Bupati Asahan agar bantuan yang akan disalurkan tidak diserahkan di jalanan.

“Saya minta agar Bupati/Walikota langsung mengantarkan bantuan ke rumah-rumah sehingga bantuan tepat sasaran dan masyarakat tidak berkumpul dijalanan,” kata Edy.

Edy Rahmayadi meminta seluruh Bupati/Walikota agar memberikan data yang lengkap kepada Pemprovsu tentang masyarakat yang tidak mendapat bantuan PKH dan APBN. Pemprovsu akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang belum menerima namun terdampak virus corona. Edy Rahmayadi mengajak seluruh Bupati/Walikota untuk lebih meningkatkan kinerja dalam penanganan covid-19 di wilayah masing-masing.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment