Kabupaten Samosir Sudah Nihil ODP

Dinas Kominfo Samosir

topmetro.news – Pemkab Samosir, melalui Dinas Kominfo, menyampaikan bahwa hingga hari ini, Senin (27/4/2020), Orang Dalam Pemantauan (ODP) sudah nihil di Samosir.

“Salam sejahtera untuk kita semua dimana pun kita berada. Pemerintah Kabupaten Samosir, melalui Dinas Kominfo menyampaikan, bahwa hingga hari ini, Senin, 27 April 2020, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sudah nihil di Samosir. Puji Tuhan untuk kondisi ini. Dan mari kita pertahankan dengan tetap menjalankan Standar Operasional Operasi (SOP) yang telah ditetapkan di setiap pintu masuk ke Samosir. Sekali lagi, terima kasih kepada para petugas posko yang telah bekerja keras siang dan malam untuk menjaga Samosir agar terhindar dari wabah Virus Corona,” papar Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakara, dalam siaran pers yang diterima topmetro.news, Senin (27/4/2020).

Rohani Bakara juga menginformasikan, bahwa wabah Virus Corona diperkirakan mencapai puncaknya pada Juli 2020. “Mari jaga Samosir. Menurut prediksi, wabah Virus Corona puncaknya Juli 2020. Karenanya kita perlu menatakelola tindakan antisipatif secara ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan. Tentu, pemerintah pusat dan daerah didukung oleh TNI/Polri, dan seluruh elemen masyarakat bersatu padu melawan wabah Virus Corona, dengan menyusun langkah-langkah strategis yang disertai tindakan nyata,” urainya lagi.

Bersatu Lawan Corona

Disampaikannya, bahwa secara nasional, pemerintah pusat telah meluncurkan sistem informasi terintegrasi ‘Bersatu Lawan Covid’ (BLC). Yaitu peningkatan percepatan pencatatan data dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di lapangan atau seluruh wilayah di Indonesia.

Kata dia, BLC memiliki fungsi sistem yakni mempercepat alur pencatatan data pada tingkat puskesmas, rumah sakit, laboratorium, dan dinas kesehatan dari daerah. Tidak hanya itu, BLC dapat berfungsi untuk mengetahui lokasi rawan persebaran di Indonesia. Juga sebaran kasus Covid-19. Selain itu bisa mengetahui pencatatan hasil pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) dan pencatatan kebutuhan dan distribusi logistik di rumah sakit, laboratorium, dan dinas kesehatan.
“Karenanya, kita berharap sistem ini membantu mempercepat penanganan wabah Virus Corona di negeri kita. Tetap semangat dan waspada cegah wabah Virus Corona ke Samosir. Kiranya Tuhan tetap melindungi dan menjaga Samosir. Horas…!” tutup Rohani Bakara.

sumber | Dinas Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment