164 Mahasiswa Luar Taput yang tidak Mudik, Diberi Paket Sembako

mahasiswa luar Tapanuli Utara

topmetro.news – Sebanyak 164 mahasiswa yang berasal dari luar Tapanuli Utara menerima paket sembako dari Bupati Nikson Nababan. Mereka terdiri dari 117 mahasiswa IAKN (Institut Agama Kristen Negeri) dan 47 UNITA (Universitas Sisingamangaraja).

Para mahasiswa itu adalah yang memutuskan tidak mudik dan mengikuti anjuran pemerintah di tengah Pandemi Covid-19

Penyerahan paket sembako berupa beras, minyak goreng, dan mi instant diserahkan di rumah dinas kepada perwakilan mahasiswa, Jumat (1/5/2020).

Bupati Taput Nikson Nababan mengatakan, awal pemberian paket sembako berdasarkan informasi yang masuk kepadanya. “Senior kalian bilang ke saya, masih ada mahasiswa yang tidak mudik, walaupun kampus menerapkan sistem perkuliahan secara daring,” katanya.

Nikson mengapresiasi ketaatan mahasiswa yang mengikuti aturan pemerintah agar tidak mudik. “Kita yakin pasti orangtua adek-adek juga merasakan kesulitan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19. Seperti juga yang dialami mahasiswa kita d iluar,” katanya.

Untuk itu, Pemkab Taput ikut merasakan dan mencoba membantu mahasiswa yang tidak mudik. “Kita harap Pandemi Covid-19 berakhir. Namun bila tidak, kita akan coba kembali menyalurkannya paket sembako bulan depan,” ungkapnya.

Partisipasi Mahasiswa

Nikson berharap mahasiswa yang bertahan tidak mudik ikut membantu tugas mengedukasi masyarakat. “Mau tidak bantu pemerintah mengedukasi masyarakat agar stay at home memakai masker bila keluar rumah ataupun menyerukan tetap jaga jarak. Ini saya kasih masker untuk dibagikan. Mohon dibantu,” ucap Nikson.

Miston Siregar mahasiswa UNITA asal Pakkat Humbang Hasundutan mengatakan alasan tidak mudik karena di daerahnya tidak ada jaringan. “Kami tetap kuliah dengan sistem daring (online). Saya memilih bertahan karena di daerahku tidak ada jaringan,” katanya.

“Kami sangat berterima kasih atas perhatian Pak Bupati kepada mahasiswa yang tidak mudik ke kampung halamannya,” tukasnya.

Sementara itu, Frans Simanjuntak mahasiswa IAKN asal Siantar menyampaikan terima kasih atas bantuan paket sembako. “Terima kasih Pak Bupati. Kami sangat terbantu, terlebih di tengah Pandemi Covid-19,” ujarnya.

reporter | Jan Piter Simorangkir

Related posts

Leave a Comment