Ketua DPRDSU Surati Gubsu Agar Bantu Organda/Kesper Terdampak Covid-19

supir dan pemilik angkutan kota

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting menyurati Gubsu Edy Rahmayadi agar membantu anggota/pengemudi angkutan, baik tergabung dalam Organda (Organisasi angkutan darat) maupun Kesper atau keluarga besar supir pemilik dan angkutan kota yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

“Kita sudah surati Gubernur agar membantu kesulitan yang dihadapi pengusaha angkutan. Baik anggota Organda atau para pengemudi tergabung dalam Kesper sudah sangat susah sekali,” ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Selasa (12/5/2020), di ruang kerjanya Gedung DPRD Sumut.

Baskami menyebutkan, para pengusaha dan pengemudi angkutan menyampaikan keluhannya ke lembaga legislatif Provinsi Sumut. Untuk ditindaklanjuti ke pihak eksekutif tingkat provinsi. Agar diberi bantuan dalam bentuk pajak kendaraan maupun pengeluaran atau kutipan resmi yang berkaitan dengan kendaraan angkutan umum.

Pajak dan Angsuran Kendaraan

Disebutkan Baskami, pemprov bisa membantu pengusaha angkutan, misalnya dalam bentuk pajak kendaraan umum. Dapat juga dibantu ‘kir’ dan angsuran kendaraan di bank atau leasing. “Sudah banyak pengaduan maupun keluhan ke dewan,” tandasnya.

Dalam kondisi masa penyebaran Covid-19 di Sumut, lanjut politisi PDI Perjuangan ini, pendapatan para pengusaha maupun supir dan pemilik angkutan kota, sudah mulai masuk pada tingkat kesulitan. Karena masyarakat jauh berkurang menggunakan jasa transportasi angkutan umum. Itu akibat adanya larangan keluar rumah dan dianjurkan tetap ‘stay at home’ atau berdiam di rumah.

Akibatnya, ungkap Baskami Ginting, angkutan umum sepi dari penumpang. Tentunya terdampak dengan pemasukan, baik untuk biaya operasional angkutan maupun biaya kebutuhan. Sehingga perlu segera bantuan dari pemerintah.

“Ternyata, kebijakan meminta warga diam di rumah ada konsekuansinya. Para supir mengalami kesulitan dan berdampak juga terhadap pengusaha angkutan, karena setoran para supir sangat menurun. Terkait kondisi itu, pemerintah provinsi segera memberi bantuan kepada anggota Organda dan Kesper di Sumut,” pinta Baskami.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment