Pemkab Samosir Segera Salurkan Beras Bantuan PT TPL

Beras bantuan PT TPL

topmetro.news – Beras bantuan PT TPL akan segera disalurkan oleh Pemkab Samosir dalam waktu dekat. Kadis Kominfo Rohani Bakkara menegaskan, penyaluran menunggu data yang sudah diverifikasi dan divalidasi di lapangan untuk menghindari penerima ganda.

“Jadi data harus diverifikasi dan divalidasi,” ungkap Rohani Bakara, Selasa (12/5/2020).

Rohani Bakkara mengklarifikasi bahwa tidak ada penyelewengan bantuan dari PT TPL untuk Kabupaten Samosir. Melainkan pengelolaan penyerahan bantuan harus didasarkan data yang valid dan akurat, sehingga bantuan tepat sasaran dan tepat guna.

Kepala Tata Usaha RSUD dr Hadrianus Sinaga Hara Sigalingging menyatakan pihaknya juga telah menerima bantuan PT TPL berupa APD. Antara lain dalam bentuk sarung tangan sembilan kotak. Masker tiga lapis 24 kotak, Google Glass (kaca mata) 10 unit, dan coverall 103 unit.

“Bantuan yang diterima telah disiapkan sebagai persediaan untuk mengantisipasi wabah Ccovid-19,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hingga saat ini pengelola RSUD dr Hadrianus Sinaga belum menggunakan dana tak terduga (TT) dalam mencegah dan menanggulangi Covid-19 di Samosir. Di samping itu, dia menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diterima dari para pihak. Karena telah membantu tenaga medis dalam mencegah dan menangani wabah Covid-19 di Kabupaten Samosir.

Sedangkan Kadis Kesehatan dr Nimpan Karokaro menyatakan, pihaknya juga telah menerima bantuan PT TPL secara simbolik .

Hasil verifikasi dan validasi data oleh Dinas Kominfo Samosir pada Dinas Sosial Samosir, beras sejumlah 250 karung (@ 10 kg) atau 2,5 ton, masih disimpan di Gudang Dinas Sosial Samosir.

“Sambil menunggu data penerima yang sudah terverifikasi dan tervalidasi,” ungkap Kadis Sosial Paris Manik. “Kita akan salurkan bantuan ini segera data penerima bantuan diserahkan kepada kami,” jelasnya.

Verifikasi DPRD Samosir

Pada hari yang sama, Tim Komisi I DPRD Samosir juga memverifikasi jumlah dan keadaan bantuan beras yang disimpan di Dinsos Samosir. “Masalah bantuan beras sudah jelas jumlah dan keadaannya baik,” ungkap Saur Tua Silalahi setelah melihat langsung bersama tim di Dinsos Samosir. “Kami berharap bantuan ini segera disalurkan kepada penerima,” tambahnya.

BACA JUGA | Beras dan APD Bantuan PT TPL Masih Tersimpan di Gudang Dinsos

Rohani Bakkara mengimbau publik agar tidak tergiring pada berita tidak valid (sah) tanpa cek dan ricek dari sumber yang dapat dipercaya. “Mari cerdas olah informasi di tengah-tengah derasnya arus informasi pada zaman digital ini dari berbagai media,” ajaknya.

Dia berharap, simpang siur informasi terkait bantuan beras dan APD dari PT TPL dipahami publik kebenaran dan esensinya melalui verifikasi dan validasi pada orang yang tepat dan berotoritas.

sumber | Dinas Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment