Sejumlah Warga Desa Samar Dua tak Dapat Lakukan Penarikan BST

pencairan BLT Dana Desa

topmetro.news – Hari ini, Selasa (19/5/2020), beberapa desa Di Aceh Singkil sudah melakukan pencairan BLT Dana Desa (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa). Demikiann juga dengan BST (Bantuan Sosial Tunai).

Namun berbeda dengan beberapa orang masyarakat di Desa Samar Dua Kecamatan Kuta Baharu Aceh Singkil. Para warga disana terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai Dari Kemensos. Namun datanya tertahan di Dinas Sosial dan tidak bisa melakukan penarikan.

“Nama saya dan tujuh orang lainnya terdaftar sebagai penerima Bantuan BST. Namun pada saat pencairan, data kami tertahan dan tidak bisa melakukan penarikan,” ucap salah seorang warga yang tidak dapat melakukan penarikan.

Bukan Wewenang Kecamatan

Camat Kuta Baharu Ganda Suriadi Bancin mengatakan, bahwa tertahannya masyarakat penerima kartu BST adalah kewenangan Dinas Sosial. Dan terkait masalah ini, mereka sudah menyurati dinas dimaksud.

“Mengenai data masyarakat yang tertahan adalah kewenangan Dinas Sosial. Dan kita sudah menyurati dinas tersebut untuk meminta kejelasan adanya warga yang tidak dapat mencairkan dana BST tersebut,” ucap Ganda kepada reporter topmetro.news, Selasa (19/5/2020).

Pihak kecamatan tidak ada kewenangan mengeluarkan atau menahan data penerima BST. Dan pihak kecamatan sudah melayangkan surat resmi ke dinas terkait.

“Kita sudah melakukan upaya menyampaikan dan menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut ke dinas. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ada ada jawaban, agar kita informasikan ke warga yang bersangkutan,” katanya.

Sementara itu reporter topmetro.news mencoba menghubungi Kepala Dinas Sosial via WhatsApp terkait masalah pencairan BLT Dana Desa itu. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada jawaban.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

One Thought to “Sejumlah Warga Desa Samar Dua tak Dapat Lakukan Penarikan BST”

  1. Hengki Solin

    Maaf sebelumnya min, di foto profil berita ini saya lihat kepala Desa Lentong, kenapa tema berita itu menyangkut Desa samar dua, kalau buat informasi yang jelas sikit min

Leave a Comment