Sultan Deli Salat Ied Bersama Ribuan Warga

Sultan Deli

TOPMETRO.NEWS – Sultan Deli atau pemangku Kesultanan Deli Tengku Hamdy Osman Deli Khan, yang bergelar Tengku Raja Muda Deli, melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah bersama ribuan warga Muslim di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (24/5/2020) pagi.

Sultan Deli Dipayungi

Tengku Hamdy Osman bersama rombongan, termasuk pengawal berbusana khas Melayu Deli yang memayunginya, tiba di halaman masjid yang dibangun tahun 1909 itu sekitar pukul 08.00 WIB.

Beberapa menit setelah dia tiba, Salat Ied dimulai. Sultan Deli pun salat bersama dengan ribuan warga Muslim yang memadati ruangan dalam dan halaman masjid dengan campuran gaya arsitektur Timur Tengah, India, dan Spanyol tersebut.

Cegah Penularan COVID-19

Pengurus masjid berupaya menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di masjid itu.

Petugas memeriksa suhu tubuh warga yang hendak menunaikan Salat Ied untuk memastikan tidak ada warga yang sakit yang menunaikan ibadah di masjid itu.

Cuci Tangan dan Semprot Disinfeksi

Warga yang hendak menunaikan Salat Ied saat masuk ke bilik disinfeksi dan mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan.

Usai salat, Datuk Empat Suku Kesultanan Deli Datuk Adil Fredy Haberham menjelaskan tradisi pelaksanaan Salat Ied di Masjid Raya Medan.

ARTIKEL UNTUK ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

“Sebelum Salat Idul Fitri, kita menunggu kedatangan sultan atau pemangku, setelah datang, mengumandangkan takbir, kemudian masuk ke dalam dan dimulai. Ini sudah dilaksanakan selama bertahun-tahun, sudah tradisi seperti itu. Alhamdulillah masa COVID-19 ini pun kita masih dapat melaksanakan dengan keprotokolan kesehatan.”

BACA SELENGKAPNYA | Kesultanan Deli Anugerahi Presiden Jokowi Gelar Adat

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Presiden Joko Widodo menerima gelar Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri dari Kesultanan Deli.

Penganugerahan gelar ini dihelat di Ruang Utama Istana Maimoon, Minggu (7/10/2018). Gelar adat ini merupakan gelar bangsawan tertinggi di Kesultanan Deli.

Prosesi pemberian gelar dimulai sekira pukul 11.00 WIB. Prosesi penganugerahan diawali dengan pemasangan ‘tengkulok’ oleh Pemangku Sultan Deli Tengku Hamdy Osman Delikhan Al-Haj.

reporter | Dpsilalahi
sumber | suara/Antara

Related posts

Leave a Comment