Peringatan Bos Huddersfield: 50-60 Klub Bisa Bangkrut Tahun Depan

klub sepakbola Inggris

topmetro.news – Pemilik klub sepakbola Inggris Huddersfield, Phil Hodgkinson, memberi peringatan, sebanyak 50 hingga 60 klub sepakbola di bawah liga utama bisa mengalami kebangkrutan pada tahun depan.

Hal ini akan terjadi apabila pengelola bisnis olahraga tak bisa membuat rencana yang bagus mengenai dampak pandemi Covid-19.

Diketahui, sejumlah klub yang mengikuti kompetisi sejak pekan lalu mulai menjalani latihan meski dalam kelompok kecil. Dengan harapan, mereka bisa menyelesaikan musim kompetisi tahun ini.

“Padahal persoalannya bukan apa kita bisa menyelesaikan musim ini. Tetapi apa yang bakal terjadi setelah ini,” ungkap Hodgkinson menjawab BBC, Senin (25/5/2020).

“Jika kita tak bisa mencapai kesepakatan, maka taka da lagi piramida sepakbola. Saya tahu masih ada klub yang ‘berdagang’ untuk menunda upah dan pajak dan kreditor lainnya. Namun pada akhirnya, mereka harus tetap membayar,” jelasnya.

Hodgkinson mengaku, skenario terburuk akibat pandemi Covid-19 yang terjadi, adalah pada musim depan klub tetap bertanding namun tanpa penonton. Hal ini menyebabkan, banyak klub kehilangan pendapatan utama mereka.

Untuk itu ia mengajurkan, gaji pemain dikurangi 30 hingga 50% di setaip level kompetisi. Namun itu berlaku hingga kerumunan penoton bisa kembali ke stadion.

BACA | Kompetisi La Liga Diharapkan Berlanjut 11 Juni

Positif Covid-19

Sementara sebelumnya dilaporkan, ada dua orang dari klub berbeda di Premier League telah dites dan positif terkena Virus Corona (Covid-19). Laporan ini datang hanya tiga pekan dari usulan waktu untuk memulai kembali kompetisi Premier League musim ini.

Secara keseluruhan sudah ada 996 pemain dan staf klub diuji selama tiga hari pekan lalu untuk Covid-19.

“Dari jumlah tersebut, dua telah dinyatakan positif dari dua klub. Pemain atau staf klub yang dites positif sekarang akan melakukan isolasi mandiri selama tujuh hari,” demikian pernyataan EPL.

Dalam tes sebelumnya pada 17 dan 18 Mei, total 748 orang diuji dengan enam hasil tes positif dari tiga klub. “Keenamnya masih dalam masa isolasi diri tujuh hari dan tidak tampil dalam putaran tes baru-baru ini. Premier League menyediakan informasi agregat ini untuk tujuan integritas dan transparansi kompetisi,” lanjut pernyataan itu.

“Tidak ada detail spesifik mengenai klub atau individu yang akan diungkapkan oleh liga. Dan hasilnya akan diumumkan kepada publik setelah setiap putaran pengujian.”

Sebelumnya pada Hari Jumat, Ketua Eksekutif Liga Premier Richard Masters mengatakan, ia yakin musim kompetisi papan atas akan dimulai lagi pada pertengahan Juni.

Klub kembali ke pelatihan jarak sosial dalam kelompok-kelompok kecil minggu ini dan liga berharap untuk mulai memainkan 92 pertandingan tersisa pada 12 atau 19 Juni.

Di antara enam yang sudah diuji positif adalah bek Watford Adrian Mariappa serta dua anggota staf klub.

Manajer Watford Nigel Pearson juga mengungkapkan dua lagi pasukannya berada dalam isolasi diri setelah anggota keluarga mereka dinyatakan positif terkena virus itu.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment