Hindarkan Anak Duduk Dengan Posisi Seperti Ini, Atau Anda Akan Menyesal

TOPMETRO.NEWS – Sebagai orang tua, sebaiknya kita lebih memperhatikan bagaimana anak saat sedang duduk. Ternyata, ada beberapa gaya duduk yang tidak diperbolehkan bagi anak, dan kebanyakan orang tua tidak mengetahui hal ini.

Avni Trivedi, Ahli Tulang mengatakan, ada beberapa gaya duduk yang akan mengganggu kesehatan pertumbuhan anak. Seperti gaya duduk “W” yang mana posisi ini sangat populer bagi anak-anak, duduk tegak dengan kaki mereke terhampar ke masing-masing sisi, membengkokkan lutut, dan telapak kaki mengarah keluar membentuk huruf W.

“Duduk dapat dikatakan sbg epidemi kesehatan yg baru. Namun, duduk dengan posisi W tertentu dapat menyakiti tulang belakang, atau membuatnya terlalu bengkok, yg dapat membuat kesakitan. Ini ada hubungannya dengan pertumbuhan anak kelak. Posisi ini juga dapat memberikan tekanan pada perkembangan sendi tubuh bagian bawah, seperti pinggul dan lutut. Dampaknya akan dirasakan saat ia dewasa nanti, bukan sekarang,” kata Avni Trivedi kepada Mirror.uk.com.

Katanya kepada Mirror.uk.com, bagi anak-anak yang duduku dengan posisi “W” akan memelarkan sendi, dan melemahkan batang otot. Selain itu juga duduk terlaluu lama dalam posisi tersebut bisa merusak jaringan pada leher, bahu, punggung, dan bagian lainnya. Tentu hal ini biasa sangat terjadi saat sedang menonton atau, bermain gedget.

“Selain posisi W, anak-anak juga harus dilarang untuk duduk dengan kaki bersila. Karena cenderung menyebabkan ketidakseimbangan dalam keselarasan tubuh.” sambungnya.

Oleh sebab itu, untuk mensiasati hal ini, Avni menyarankan agar menyiapkan setumpuk bantal bagi mereka untuk duduk. “Mereka dapat duduk bersila, duduk mengangkang, atau duduk jongkok, atau duduk dengan melipat kaki mereka di depan dada atau menggunakan meja yg rendah, gunanya untuk kegiatan seni, kerajinan, dan mengerjakan PR,” sambungnya.

Ia juga menyarankan, agar sebaiknya anak-anak diberikan waktu untuk bermain di halaman rumah. “Seimbangkan waktu duduk, dengan bermain di luar rumah atau berjalan-jalan di alam bebas. Karena Ini membantu untuk mempertahankan fleksibilitas alami yg mereka miliki di pinggul dan tulang belakang mereka, serta menjaga keseimbangan tubuh mereka,” pungkasnya.(TMN)

Related posts

Leave a Comment