Gubsu, Ketua DPRDSU, Kejatisu, Pangdam I /BB dan Kapoldasu Tinjau Mall Sun Plaza dan Pasar Buah Brastagi

Ketua DPRDSU

topmetro.news – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Ketua DPRDSU Baskami Ginting, Kejatisu Amir Yanto, Pangdam I/BB Mayjen MS Fadillah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, meninjau Mall Sun Plaza dan Pasar buah Brastagi jelang diberlakukannya New Normal di daerah Sumatera Utara, Selasa (16/6/2020).

Peninjauan Mall Sun Plaza oleh Gubsu Edy Rahmayadi bersama rombongan melihat langsung penerapan protokol kesehatan yang dijalankan pihak pengelola Mall Sun Plaza.

“Kita tetap mengimbau kepada pihak pengelola Sun Plaza untuk mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah.Para pengunjung sebelum masuk Mall terlebih dahulu mencuci tangan dengan bersih dan memakai handsanitezer serta memakai masker,” ucap Gubsu.

Gubsu Didampingi Ketua DPRDSU

Terkait penerapan New Normal ini, Gubsu juga mengimbau agar pengunjung menjaga kesehatan dan tetap melakukan sosial distancing ketika berbelanja di Mall .

Selain itu juga Edy mengungkapkan, dengan dibukanya Mall Sun Plaza ini tentu mereka sudah bisa melakukan kegiatan meski waktu terbatas. “Mereka ini juga kan akan membayar listrik dan pedagangnya butuh untuk membayar kontrak tokonya.Jadi kita harapkan bisa nanti berjalan normal,” ujar Edy Rahmayadi.

Pasar Tradisional Rentan Covid

Sementara di tempat yang sama Gubsu Edy Rahmayadi mengungkapkan, pusat pasar tradisional dan pasar modern, menjadi salah satu tempat yang rentan terhadap epicentrum penularan virus corona atau covid-19 di masyarakat.

Baca Juga: Ketua DPRDSU Serahkan 200 Zak Beras dan 10 Thermo Gun ke Moderamen GBKP

Penularan dari pasar itu pun menjadi salah satu sorotan Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, terutama menjelang pemberlakuan kebijakan new normal (kenormalan baru) di Sumut per 1 Juli 2020.

Karena itu pula, sejumlah pelaku pasar tradisional dan modern di Medan, Sumatra Utara, dikumpulkan Gubernur Edy di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Selasa (16/06/2020).

Dalam rapat itu, Gubernur Edy menekankan agar semua pelaku pasar tradisional dan modern serius dan siap untuk menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya agar masyarakat terhindar dari penularan virus corona.

“Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan. Untuk itu yang pasar-pasar tradisional harus siapkan protokol kesehatan,” tegas Gubernur Edy Rahmayadi menjawab wartawan usai rapat itu.

Tetapi menurut Gubernur Edy, masyarakat juga harus mengikuti dan menjalankan protokol kesehatan. “Harus, kita yang harus menyesuaikan diri, mendisiplinkan diri,” ujarnya didampingi Ketua DPRDSU.

“Kan TNI/Polri sudah ada perintah mendisiplinkan warga. Gunanya apa?, itulah karena sayang sama rakyat, supaya rakyat tidak sakit. Gun,” ujarnya lagi.

Lalu siapa yang mengawasi agar protokol kesehatan itu benar-benar berjalan di pasar tradisional dan pasar modern?. Ditegaskannya protokol kesehatan harus dijalankan di pasar. Ditegaskannya lagi jangan gara-gara pasar orang jadi sakit.

Sebelumnya pada rapat itu, hadir juga Forkopimda Sumut, di antaranya Ketua DPRDSU, Baskami Ginting, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah. Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin dan Kajati Sumut Amir Yanto.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment