Kapal Nelayan Hilang di Perairan Nias, 3 ABK yang Hilang Ditemukan Selamat

Kapal nelayan hilang

TOPMETRO.NEWS – Kapal nelayan hilang di perairan Nias Selatan hingga mengakibatkan 3 nelayan yang sempat dinyatakan ‘raib’  sejak Selasa (16/6/2020) akhirnya ditemukan dengan kondisi selamat. Ke 3 nelayan itu ditemukan tim Basarnas Kabupaten Nias.

Kapal Nelayan Hilang, 3 ABK Selamat

Ketiga nelayan tersebut masing-masing Junisman Bu’ulolo (43), Peterman Bu,’lolo (33) dan Generasi Daeli (35). Ketiganya ditemukan 10 mil dari lokasi awal dinyatakan hilang, sebut Humas Basarnas Nias, Asanimu Waruwu, di Nias, Jumat (19/6/2020).

“Ketiganya ditemukan Kamis (18/6/2020) malam sekitar pukul 21.10 WIB dan telah dievakuasi ke daratan dan langsung diserahkan kepada keluarga,”.

Mesin Kapal Rusak

Sebelumnya ketiga nelayan kata Asanimu, dilaporkan hilang sejak Selasa (16/6/2020), dan ketiganya hilang kontak akibat mesin kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan di tengah laut.

Kapal boat 5 Gross Ton (GT) yang mengangkut ketiganya mengalami kerusakan dan mesin mati di sekitar Pulau Sumabawa, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan.

Basarnas mendapat informasi hilangnya ketiga nelayan tersebut dari Kepala Desa Hilindraso Niha, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan Martawa Harita.

Basarnas Turun ke Lokasi Pencarian

Mendapat laporan itu, tim Basarnas Nias langsung langsung turun ke lokasi untuk pencarian.

“BPBD Nias Selatan bersama dengan unsur terkait juga ikut melakukan pencarian dari selatan ke utara sekitar Pulau Onolimbu, hingga akhirnya bisa menemukan ketiga korban dalam keadaan selamat.”

BACA SELENGKAPNYA | Nelayan Hilang Ditemukan di Kedalaman 10 Meter

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, nelayan Samsu (55) asal takalar yang dinyatakan hilang sejak Jumat (7/7/2017) akhirnya ditemukan. Tim Basarnas dan potensi SAR gabungan.

Jasad korban ditemukan di kedalaman 10 meter di perairan Dusun Potondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (8/7/2017) silam.

Kepala Basarnas Makassar Amiruddin mengatakan, jasad ditemukan tidak jauh dari rumpon ikan miliknya.

“Lokasi kejadian tak jauh dari bagang (rumpon) ikan miliknya di daerah Dulusun Potondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar,” katanya.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | matatelinga

Related posts

Leave a Comment