Bupati Madina Hadiri Peresmian Majelis Taklim Baitul Bukhari di Longat

Dahlan Hasan Nasution

topmetro.news – Guna kembali memakmurkan pengajian-pengajian seperti majelis taklim, Bupati Madina (Mandailing Natal) Drs H Dahlan Hasan Nasution mendaftarkan diri menjadi jamaah Majelis Taklim Baitul Bukhari.

Demikian disampaikan Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution saat berpidato di sela peresmian Majelis Taklim Baitul Bukhari yang dipimpin Syeh H Yusuf Amiril Nasution atau Tuan Nalomok, di Kelurahan Longan Kecamatan Panyabungan Barat, Minggu (21/6/2020).

Di hadapan para undangan, Dahlan juga mengimbau agar masyarakat Madina yang dikenal dengan gudangnya para ulama supaya kembali memakmurkan pengajian-pengajian seperti majelis taklim. Sehingga kekuatan agama di Mandailing kembali mansyur terdengar di mana-mana.

Berdirinya Majelis Taklim Baitul Bukhari di Madina telah membangkitkan dirinya untuk kembali menggali sejarah sejarah Ulama Mandailing. “Dimana, dalam sejarah, banyak Ulama Mandailing Natal yang luar biasa pada zamannya. Namun penggalian sejarah ini sudah diawali sejak tiga tahun lalu dan sudah dijadikan buku sejarah ulama di Mandailing. Akan tetapi masih perlu dilakukan pembaharuan,” ungkapnya.

Sementara itu Syekh H Yusuf Amiril Nasution atau Tuan Nalomok dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Majelis Taklim Baitul Bukhari didirikan berkat doa jamaah. Dan dalam kajiannya, majelis ini akan membahas seputar Hadist Bukhari dan Hadist Syirus Sairus Salikin. Akan berlangsung setiap Hari Ahad mulai pukul 06.30 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB. Dipandu langsung Tuan Nalomok dan Syekh H Ridwan Amiril Nasution atau Tuan Naborkat.

Sejarah Ulama dan Wisata Religi

Dalam kesempatan itu Tuan Nalomok juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung penuh program Majelis Taklim Baitul Bukhari. Sebab, selain pengajian, majelis taklim ini juga akan membuat terobosan baru dengan menghadirkan bukti bukti sejarah ulama-ulama besar Mandailing menuju wisata religi.

Pantauan topmetro.news, acara peresmian juga ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Syekh H Ibrahim Zannun Al Makky As’solaty. Disaksikan Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution serta Wakil Ketua DPRD Mandailing Natal Erwin Efendi Nasution.

Acara peresmian itu dihadiri kurang lebih 4.000 ribu jamaah se-Tabagsel dan Mandailing dengan mengikuti protokoler kesehatan. Antara lain, memakai masker yang disediakan panitia atas bantuan dari pemerintah daerah.

Hadir juga puluhan ulama. Termasuk para ulama-ulama besar Madina seperti Syeh Ibrahim Zannun Lubis Al Makky Assolaty, para pimpinan pondok pesantren se-Madina dan Tabagsel, Ketua MUI Syekh Mahmuddin Pasaribu, serta pimpinan majelis taklim yang ada di Mandailing.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment