Bupati Asahan dan Forkopimda Jemput Kepulangan 216 PMI Asal Asahan

PMI asal Asahan

topmetro.news – Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang bekerja di Malaysia berhasil dipulangkan ke kampung halamannnya masing masing melalui Pelabuhan Teluk Nibung, Jum’at (3/7/2020).

Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan jumlah PMI yang di pulangkan ke Kabupaten Asahan sebanyak 216 orang, terdiri dari 208 PMI dan 8 orang dari KBRI. Pemulangan PMI ini tidak dipungut biaya, semua ditanggung Pemerintah Kabupaten Asahan. Pemulangan PMI ini bekerja sama dengan KBRI di Kuala Lumpur Malaysia dan  Indonesian Diaspora Network Chapter Malaysia. H Surya mengakui sempat terjadi penundaan pemulangan PMI satu hari, karena ada permasalahan administrasi.

PMI Asal Asahan Dikarantina

H Surya mengatakan kepulangan para PMI ini tidak ada paksaan dari pihak manapun, semua atas keinginan mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena di Malaysia diberlakukannya lokcdown yang disebabkan wabah covid-19 yang berdampak dengan pekerjaan mereka disana. Melihat hal tersebut Pemerintah Kabupaten Asahan merasa prihatin dengan keadaan mereka, sehingga memfasilitasi kepulangan mereka.

Baca Juga: Pemko Tanjungbalai Dukung Pemkab Asahan Pulangkan 184 PMI dari Malaysia

H Surya mengatakan untuk para PMI yang baru pulang ini akan kita bawa ketempat karantina yang berada di kolam renang Pemkab Asahan. Setelah sampai disana para PMI ini akan diantar Camat sesuai daerahnya masing masing. Camat serta Puskesmas setempat akan mengontrol keadaan para PMI tersebut sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Kepada Pemerintah Kota Tanjung Balai, H Surya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami dalam proses pemulangan PMI asal Asahan ini.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan saya berharap dapat mematuhi imbauan Pemerintah dan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, terapkan pola hidup bersih sehat. Semoga kasus corona ini cepat berakhir, agak kita dapat kembali beraktivitas seperti biasa”, kata Surya.

Penjemputan dihadiri, Bupati Asahan, H. Surya BSc, Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0208/As, Letkol Sri Marantika Beruh, Danlanal TBA, Letkol Dafri, KSOP dan Bea Cukai Tanjungbalai.

Reporter | Muhammad Adenan

Related posts

Leave a Comment