Bupati dan Ketua DPRD Karo Sepakat Jalur Sejajar Tuntungan-Berastagi Diprioritaskan

kemacetan di Jalan Medan-Berastagi

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan sepakat agar jalur sejajar Tuntungan-Kutalimbaru-Sembaikan-Laugedang-Berastagi diprioritaskan pembangunannya, guna mengatasi kemacetan di Jalan Medan-Berastagi.

Hal itu ditegaskan Bupati Karo dan Ketua DPRD Karo didampingi Ketum DPP PMS (Pemuda Merga Silima) se-Indonesia Mbelin Brahmana, Ketua DPD PMS Karo Beres Brahmana, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, saat melakukan uji penelusuran kondisi jalur sejajar Medan-Tuntungan-Kutalimbaru-Sembaikan-Laugedang-Berastagi, Rabu (8/7/2020), di Desa Sukamakmur Kecamatan Kutalimbaru, Deliserdang.

Peninjauan sepanjang jalan itu atas inisiatif Ketum DPP PMS se-Indonesia, sehingga patut diapresiasi. Apalagi jalan sejajar tersebut berdekatan dengan lahannya. Sehingga perlu dilakukan peninjauan ke lapangan, guna memastikan kondisi sebenarnya.

“Sepanjang jalan yang dilalui, kondisinnya layak untuk dilewati segala kendaraan. Hanya di persimpangan exit ke arah Laugedang sepanjang 6-7 km menuju Desa Jaranguda Berastagi belum maksimal jalannya, dan jalur exit kearah Perkemahan Pramuka Sibolangit juga masih kondisi sulit dilalui,” ujar Terkelin.

Menurut Terkelin, pembukaan jalur sejajar ini, sangat mempersingkat waktu, untuk mengurai jalur Medan-Berastagi yang mengalami kemacetan.

“Apalagi Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut sudah melakukan survei. Dan saat ini tahapan menyusun dokumen feasibility study. Langkah ini, perlu kita dukung penuh dan diprioritaskan oleh pemangku kebijakan,” harap Terkelin.

Apresiasi Pemkab Karo

Sementara Ketum DPP PMS se-Indonesia Mbelin Brahmana, menyambut baik niat Pemkab karo membuka jalur sejajar Berastagi-Jaranguda-Laugedang-Sembaikan-Tuntungan, untuk mengatasi kemacetan serta memacu sektor perekonomian dan sektor pariwisata.

“Saya sangat mengapresiasi kesediaan Bupati dan Ketua DPRD Karo, begitu bersemangat turun ke lapangan, guna memastikan kondisi jalan sebenarnya. Tidak hanya mendapat cerita dan info yang belum tentu kebenarannya. Ini ciri pemimpin yang peduli pembangunan demi masyarakatnya,” tukas Mbelin.

Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan menyatakan, jalur ini sangat tepat sebagai jalur penyeimbang Jalan Medan-Berastagi, ketika terjadi kemacatan.

“Menyangkut anggaran tidak masalah kita follow up terus, jika memang ada kaitan dengan kewenangan DPRD Karo,” tegasnya. Dia menegaskan, wajib hukumnya untuk terus diperjuangkan. Apalagi jarak tempuh dari Tuntungan hingga Pramuka Sibolangit hanya memakan waktu 50 menit.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi menjelaskan Pemkab Karo juga sudah meminta dukungan Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting untuk mendukung pembangunan jalur sejajar tersebut.

“Jalur sejajar ini merupakan salah satu solusi yang dianggap paling potensial untuk mengurai kemacatan yang kerap terjadi dari Medan-Berastagi,” ujar Sianturi. Dia berharap agar Ketua DPRD Sumut mengkoordinasikan hal ini kepada bupati lintas daerah.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment