Tokoh Karo di Jakarta Minta Bupati Perbaiki Sistem Penanganan Covid-19

tokoh Karo di Jakarta

topmetro.news – Sejumlah tokoh Karo di Jakarta yang tergabung dalam Group ‘Kita Bisa Ubah Karo’, meminta Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH melakukan perbaikan sistem kinerja, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu diungkapkan Aries Eklesia Sebayang sebagai moderator dalam acara ‘Zoom Meeting’ yang dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Stafsus BUMN Arya Sinulingga, anggota DPD RI Dr Badikenita Sitepu SE MSi, Plh Ketua GTPP Covid-19 Ir Martin Sitepu, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina, Dr Nuah Torong, Senin (13/7/2020).

Menurut Aries, seiring dengan lonjakan positif Covid-19 di wilayah Karo yang kendalanya akibat lambatnya hasil tes PCR keluar dari RS di Medan, perlu segera diubah. Atau dipindahkan tempat tes PCR-nya.

Arya Sinulingga bahkan menawarkan. Jika ada pasien yang diswab di Karo, agar sampelnya dikirim ke Rumah Sakit PT Pelindo I Medan. Dalam dua atau tiga hari hasilnya akan diketahui.

Begitu juga untuk mengantispasi lonjakan pasien yang positif Covid-19. Agar Pemkab Karo melakukan penyiapan penampungan eks Rumah Sakit Flora dan RS Efarina Etaham, dengan menjalin kerjasama.

Selain itu, katanya, peralatan ventilator segera ditambah dari dua menjadi lima buah. Juga obat-obatan sesuai standar Juknis Kemenkes RI. Agar sewaktu-waktu ada pasien gawat darurat, Tim Medis Gugus Tugas sudah siap menangani dengan kondisi alat yang ada.

Di sisi lain, tambah Aries, Pemkab Karo agar melakukan pengetatan di jalur pintu masuk ke Karo. Lakukan screening, supaya tidak jebol masuknya orang yang tanpa gejala (OTG) membawa virus, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Apresiasi Bupati karo

Menanggapi sejumlah catatan dan usulan para tokoh Karo Jakarta ini, Bupati Karo sangat mengapresiasinya. Sebab masih ada yang peduli akan kemajuan Tanah Karo.

“Sangat bagus usulan yang disampaikan Bung Aries Sebayang. Ini momen bagi Tim GTPP Covid-19 Karo mengubah sistem bekerja, yang selama ini kami sulit mendapatkan hasil cepat PCR test dari pihak salah satu rumah sakit di Medan,” ujar Bupati Karo.

Namun dengan adanya campur tangan Arya Sinulingga, tambah Terkelin, proses ke depan semakin cepat. Dan rekomendasi tersebut sangat mendukung bagi Pemkab Karo.

Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan juga mendukung dan sepakat sejumlah catatan yang disampaikan para tokoh Karo demi kebaikan ‘Bumi Turang’, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment