Warning untuk Warga Samosir: Terpapar itu Mahal

protokol kesehatan secara ketat

topmetro.news – GTPP Covid-19 Samosir mengimbau masyarakat Samosir agar tetap serius melakukan protokol kesehatan secara ketat dan mengikuti pedoman normal baru yang telah dikeluarkan oleh Bupati Samosir.

Sebagaimana disampaikan Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakkara, Selasa (21/7/2020), imbauan itu dikaitkan dengan harga yang akan dibayar seseorang jika terpapar dan kemudian menjalani perawatan untuk kesembuhan.

“Secara sosial, orang terpapar akan mengalami stigmatisasi buruk orang-orang sekitar dalam bentuk penghindaran dan/atau bahkan penolakan. Hal ini akan berdampak pada kondisi psikologis orang terpapar dan keluarganya. Kedua, biaya perawatan yang ditanggung sebesar lebih kurang seratus juta rupiah. Bagaimana jika biaya ini ditanggung secara swadana? Tentu saja, tidak semua orang dapat menyediakan biaya perawatan sebesar itu,” urainya.

Harga Murah

Disebutkan, jika belum terpapar, harga yang harus dibayar adalah melakukan protokol kesehatan secara ketat dan mengikuti pedoman tata normal baru secara serius. Harga ini lebih murah dibandingkan dengan harga ketika sudah terpapar.

“Perlu kita ingat, penularan Covid-19 sangat mudah dari orang ke orang. Oleh karena itu, GTPP Covid-19 Samosir mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bayar harga yang lebih murah yaitu: pakai masker, sering cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan/atau hand sanitizer, jaga jarak (minimal 1 meter), hindari kerumunan sedapat mungkin, tetap waspada namun tidak panik, sadari hidup berdampingan dengan potensi penularan,” urai dia.

Jika ada yang lebih murah, sebut Rohani, kenapa harus pilih yang mahal? “Marilah hidup berbasis protokol kesehatan dan pedoman normal baru. Kita jadikan itu sebagai kebutuhan seperti kebutuhan makanan dan minuman. Kita dukung upaya pemerintah untuk mensinkronisasi agar masyarakat aman dari Covid-19 dan memulihkan roda perekonomian pada sektor-sektor yang telah ditetapkan,” katanya.

“Ingat hal ini: harga terpapar itu mahal. Maka lakukan protokol kesehatan dan pedoman normal baru. Pemerintah akan selalu berupaya semaksimal mungkin memutus mata rantai Covid-19 dengan dukungan masyarakat secara keseluruhan dan utuh dengan hidup berdisiplin dalam perilaku hidup sehari-hari. Terima kasih,” tutup dia.

Info Covid-19

Sementara informasi Covid-19, hingga Hari Selasa (21/7), untuk nasional, konfirmasi 1.655 orang (89.869). Sembuh 1.489 orang (48.466) dan meninggal dunia 81 orang (4.320). Untuk Provinsi Sumatera Utara, suspek 21 orang (350), konfirmasi (+) 42 orang (2.994). Sembuh 30 orang (798) dan meninggal dunia 4 orang (154). Sementara spesimen diuji 17.950 sampel dengan tracing secara agresif.

Khusus Kabupaten Samosir, suspek satu orang, konfirmasi satu orang. Sembuh nihil dan meninggal dunia nihil.

reporter | Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment