Bantu Ekonomi Warga, Dinas Pertanian Berencana Tangkar Bibit Bawang Merah

Dinas Pertanian Madina

topmetro.news – Animo masyarakat akan berkebun bawang merah saat ini tinggi guna menunjang perekonomian. Dinas Pertanian Madina berencana membuat penangkaran bibit bawang merah di Desa Lumban Pasir Kecamatan Panyabungan.

Dengan bibit bawang merah jenis varietas bima ini, rencananya Dinas Pertanian Madina akan membuat penangkarannya dilahan seluas 8 hektar.

“Terlahirnya rencana penangkaran bawang merah di Desa Lumban Pasir ini dikarenakan melihat animo masyarakat untuk berkebun bawang merah sangat tinggi,” terang Kadis Pertanian Madina Sihar Nasution kepada topmetro.news, Senin (27/7/2020).

Bila ditelaah dari waktu dan hasil dari bawang merah ini, memang sangat menjanjikan buat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Maka dari itu, Dinas Pertanian Madina sangat mendukung keinginan masyarakat. Yakni dengan membuat penangkaran bibit bawang merah jenih varietas bima.

“Tujuan dibuatnya penangkaran bibit bawang merah ini nantinya untuk membantu dan memudahkan masyarakat. Agar tidak lagi membeli bibit bawang merah dari luar Madina,” tandasnya.

Siar juga menjelaskan, prospek membudidayakan bawang merah ini sangat menjanjikan untuk masyarakat nantinya. Sebab, dengan bertani bawang merah, dalam waktu 60 hari, masyarakat sudah bisa memanennya dengan hasil yang cukup lumayan. Sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat.

“Harapan kita. Dengan kuatnya animo masyarakat untuk bertani bawang merah ini, ke depan buat kebutuhan bawang merah di Kabupaten Madina sudah tidak lagi mendatangkannya dari luar Madina. Dimana, berdasarkan hasil pendataan kita, untuk mencukupi kebutuhan bawang merah di Kabupaten Madina, kita membutuhkan 14 ton bawang merah setiap minggunya,” ungkapnya.

Apresiasi Penangkaran Bawang Merah

Kepala Desa Lumban Pasir Zulham Riad Nasution menanggapi rencana Dinas Pertanian Madina ini kepada topmetro.news menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya terkait akan dibuatnya penangkar bawang merah di desa tersebut.

“Secara pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Madina terhadap adanya rencana penangkaran bibit bawang putih di Desa Lumban Pasir,” sebutnya.

Dan lanjutnya, dia yakin dengan adanya penangkaran bibit bawang merah itu nantinya sangat membantu masyarakat petani bawang merah. Apalagi saat ini sedang semangat-semangatnya berkebun bawang merah.

“Saat ini masyarakat petani bawang merah yang sedang berkebun bawang merah di atas lahan seluas 1/6 hektar telah menghasilkan 2 ton bawang. Dan mudah-mudahan saja, dengan adanya rencana penangkaran bibit bawang merah jenih unggul varietas bima oleh Dinas Pertanian Madina, masyarakat petani bawang di Desa Lumban pasir bisa terbantu. Dan tidak lagi membeli bibit dari luar Madina,” pungkasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment