Jokowi Sumbang Sapi di 34 Provinsi, Rp 80-an Juta per Ekor

Jokowi Sumbang Sapi

TOPMETRO.NEWS – Jokowi sumbang sapi untuk 34 provinsi. Diketahui per ekor, harga sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mencapai Rp80-an juta per ekor. Orang nomor satu di negeri ini berkurban di 34 provinsi pada Hari Raya Idul Adha 1441 H atau 31 Juli 2020. Diketahui hewan kurban itu rata-rata seberat 800 Kg hingga 1,2 ton.

Jokowi Sumbang Sapi, Harganya Bervariasi

Harga sapi Jokowi di setiap provinsi bervariasi. Ada yang dibeli dengan harga Rp78 juta, ada pula seharga Rp89 juta.

“Kurban nanti semua provinsi dan ke Istiqlal juga. Masing-masing provinsi satu sapi,” ujar Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden.

Heru menyebutkan, ukuran sapi yang dikurbankan presiden cukup besar untuk disembelih dimasing-masing daerah provinsi.

“Beratnya ditentukan antara 800 sampai 900 (Kg) atau 1 ton,” terang Heru.

Sudah Disalurkan ke Daerah

Dia memastikan perintah Jokowi agar daging sapi yang dikurbankan bisa tersalurkan kepada masyarakat miskin dan terdampak virus corona baru (Covid-19).

“Minggu lalu saya juga sudah video conference ke Pak Gubernur untuk disalurkan,” tambah Heru.

Jokowi melaksanakan shalat Idul Adha di halaman Istana Bogor bersama dengan keluarga.

1. Sapi Jokowi di Jogja Rp 87 Juta

Jokowi telah mengirimkan dua ekor sapi ke wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kedua sapi itu diberi nama Gombloh dan Sonar.

Gombloh yang memiliki berat 1 ton 3 kg ini, dibeli dari peternak Sedayu, Bantul, dengan harga Rp87 juta. Sedangkan Sonar, sapi berbobo 1 ton dibeli dari peternak di Cangkringan, Sleman, dengan harga lebih murah yaitu Rp78 juta.

2. Sapi Jokowi di Sulbar Rp 89 Juta

Jokowi menyumbangkan sapi kurban untuk wilayah Sulawesi Barat. Sapi kurban yang dibeli Jokowi itu diberi nama Puang Tedong.

Puang Tedong memiliki bobot seberat 1,2 ton. Sapi yang berwarna hitam kecoklatan itu masih berusia 4 tahun dan dibanderol harga hingga Rp89 juta.

3. Sapi Jokowi di Gresik Rp 80 Juta

Jokowi juga mengirimkan sapi kurban untuk masyarakat Gresik. Sapi peranakan Ongole yang memiliki berat 1,2 ton itu dibeli dari warga desa di Campurejo, Kabupaten Gresik. Harga jenis sapi Ongole itu dibanderol berkisar Rp80 juta.

4. Sapi Jokowi di Samarinda Rp 79 Juta

Jokowi mengirimkan sapi kurban ke wilayah Samarinda, Kalimantan Timur. Jenis sapi yang dikirim ke Samarinda adalah jenis Limosin dengan berat 968 kilogram dan dibanderol dengan harga Rp79 juta.

5. Sapi Jokowi di Banten

Jokowi membeli sapi kurban untuk masyarakat Banten dengan harga Rp60 juta. Sapi yang dibeli presiden di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang itu memiliki bobot 1,06 ton.

6. Kurban Jokowi untuk Warga Kepulauan Seribu

Presiden Jokowi juga berkurban di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Sapi yang disumbangkan Jokowi itu berbobot 946 kilogram.

Daging sapi kurban Jokowi akan dibagi-bagikan kepada masyarakat di Kepulauan Seribu untuk merayakan Hari Raya Idul Adha.

BACA SELENGKAPNYA | PT Indofood Bagikan 22 Hewan Kurban, PWI Sumut Terima 2 Ekor Kambing

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk CBP Cabang Medan di Idul Adha 1441 Hijriah/2020 membagikan sebanyak 22 hewan kurban kepada masyarakat untuk disembelih. 22 hewan kurban itu terdiri 8 ekor lembu dan 14 ekor kambing.

Menurut Branch HR Manager PT. Indofood Medan Suharto di kantornya, Kamis (30/7/2020), program peduli kurban tersebut merupakan program rutin keluarga besar PT. Indofood setiap tahunnya di momen Idul Adha untuk berbagi dengan masyarakat terutama yang bermukim di sekitar pabrik.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | pojoksatu

Related posts

Leave a Comment