Hingga Tengah Malam, Bupati Madina Perbaiki Tanggul Rusak Aek Pohon

tanggul Sungai Aek Pohon

topmetro.news – Bupati Madina (Mandailing Natal) Drs Dahlan Hasan Nasution bersama warga Kelurahan Pidoli Dolok mengerjakan perbaikan tanggul Sungai Aek Pohon yang rusak akibat tergerus air beberapa waktu yang lalu.

Berawal dari keluhan warga setempat. Lalu Bupati Drs H Dahlan Hasan Nasution meninjau lokasi tanggul yang rusak di Aek Pohon, Kamis (30/7/2020) sore. Dan malam harinya bupati menurunkan alat berat untuk mengerjakan perbaikan tanggul yang rusak.

Bupati didampingi anggota DPRD Madina dari Fraksi Partai Golkar Sobir Lubis dan beberapa pimpinan OPD Madina. Mereka bekerja hingga Jumat dini hari (31/7/2020).

“Tanggul Sungai Aek Pohon rusak akibat diterjang arus sungai beberapa waktu yang lalu. Dan kerusakan tanggul tersebut menyebabkan pengairan ke areal persawahan warga Pidoli Dolok dan Pidoli Lombang menjadi terganggu. Serta ratusan hektar sawah terancam gagal panen apabila tanggul tersebut tidak segera diperbaiki,” ungkap salah seorang warga Desa Pidoli Dolok, Saleh Daulay (40) kepada topmetro.news, Jumat (31/7/2020) dini hari.

Kemudian sambungnya, Sungai Aek Pohon merupakan sumber air ke masjid yang ada di Pidoli. “Maka dari itu, agar hal ini tidak berlarut dan menjadi masalah di belakang hari, kami meminta bantuan Pak Bupati supaya diperbaiki,” katanya.

“Dan Alhamdulillah. Ternyata keluhan kami tersebut langsung mendapat respon dari Pak Bupati dengan langsung terjun ke lapangan guna memperbaiki tanggul yang rusak tersebut,” sebutnya.

Langsung Perbaiki Tanggul

Di tempat terpisah, Bupati Drs H Dahlan Hasan Nasution saat dikonfirmasi topmetro.news menjelaskan, mengingat besarnya dampak dari kerusakan tanggul kepada pengairan sawah dan mesjid di Pidoli, maka pihaknya langsung melakukan perbaikan.

“Perbaikan tanggul sungai tersebut harus segera dilakukan. Karena apabila tanggul tidak segera diperbaiki, maka dampaknya sangat besar bagi warga kelurahan Pidoli Dolok dan Desa Pidoli Lombang, khususnya persawahan agar tidak gagal panen,” terangnya.

“Kemarin tokoh masyarakat Pidoli datang kepada saya meminta supaya tanggul yang rusak di Sungai Aek Pohon segera diperbaiki. Sebab menjadi sumber pengairan sawah warga dari Aek pohon,” kata Dahlan menceritakan.

“Maka atas keluhan itulah kita malam ini akan bekerja untuk memperbaiki tanggul yang rusak tersebut. Dan Insha Allah, kalau tidak ada kendala dan halangan, malam ini kita tuntaskan untuk memperbaikinya,” pungkasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment