Kakanwil Kemenkumham Sumut Tinjau Solat Ied dan Qurban di Lapas Tanjung Gusta

sholat Ied berjamaah

topmetro.news – Dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara Sutrisno mengikuti sholat Ied berjamaah di Mesjid At – Taubah Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Klas I Medan, Jumat (31/7/2020).

Sholat Ied di Lapas Kelas I Medan dilakukan sesuai protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid 19. Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang terlibat berbagai kasus ikut melaksanakan sholat berjamaah.

Kakanwil Kemenkumham Sumut Sutrisno didampingi Kepala Divisi Administrasi Betni Humiras Purba, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Purwanto dan Kepala Lapas Frans Elias Nico. Dia menyebutkan pelaksanaan Sholat Ied berjamaah diselenggarakan dengan standar penuh protokol pencegahan penularan Covid 19. Seluruh WBP telah mendapat pelayanan kesehatan. Berupa penyemprotan cairan disinfektan dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD).

“WBP yang baru dikirim ke Lapas juga harus mengikuti karantina. Sehingga kondisi WBP dan petugas Lapas dipastikan berada di zona aman,” ungkap Sutrisno.

Lapas Terpantau Aman

Usai mengikuti Sholat Ied, Sutrisno juga meninjau pemotongan hewan qurban di Lapas Klas 1 Medan. Hewan qurban yang disembelih berupa 11 ekor sapi dan tiga ekor kambing.

“Hewan qurban yang merupakan sumbangan dari Gubernur Sumut, masyarakat dan beberapa keluarga WBP tersebut nantinya akan diserahkan kepada 2.760 orang penghuni Lapas. Serta masyarakat di sekitar lingkungan Lapas,” tambah Sutrisno.

Selanjutnya, Kakanwil bersama Kalapas berjalan bersama memonitoring situasi dan kondisi Lapas yang terpantau aman dan terkendali pada perayaan Idul Adha 1441H.

Pantauan di lapangan untuk layanan kunjungan masih belum diperbolehan. WBP hanya bisa memanfaatkan video call yang tersedia di ruang khusus pusat informasi dan wartel.

reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment