Dua Gol Pierre-Emerick Aubameyang Antarkan Arsenal Juara Piala FA Cup 2019/20

arsenal juara piala fa
Advertisement

topmetro.news – Ambisi Arsenal untuk juara Piala FA 2019/20 akhirnya terwujud. Menghadapi Chelsea, tim yang berjulukan The Gunners itu harus berjibaku menghentikan perlawanan The Blues dengan skor tipis 2-1. Dalam partai Final Piala FA 2019/20, pada Minggu (2/8/2020) dinihari WIB di Stadion Wembley, London. Dengan kemenangan ini, berarti Arsenal sudah mencatat 14 kali meraih juara Piala FA. Dua gol Arsenal di borong Aubameyang di laga final itu.

Dalam pertandingan sengit itu, diawal babak Arsenal maupun Chelsea saling jual beli serangan. Namun, Christian Pulisic membuka keunggulan Chelsea dengan cepat dalam laga derby London itu, pada menit ke-5 setelah memaksimalkan assist dari Olivier Giroud.

Tak mau tinggal diam, pasukan Mikel Arteta terus beupaya untuk menyamakan kedudukan. Dan akhirnya dimenit ke-28, Arsenal mencetak gol balasan melalui eksekusi penalti Pierre-Emerick Aubameyang. Wasit Anthony Taylor menetapkan penalti untuk Arsenal, setelah bek sekaligus kapten Chelsea Cesar Azpilicueta, menjatuhkan Aubameyang yang merupakan kapten tim Arsenal.

Pertandingan semakin menarik, dengan skor imbang 1–1 itu. Kedua tim terus mencoba mencari celah untuk membuat gol, berbagi pola serangan pun sering dilakukan kedua tim. Hingga pertandingan turun minum skor sama kuat 1-1.

Gol kedua yang menentukan kemenangan Arsenal juga dikontribusi Aubameyang. Dia mendapatkan umpan dari Nicolas Pepe dan mengelabui pemain belakang Chelsea Kurt Zouma untuk kemudian menaklukkan penjaga gawang Chelsea Willy Caballero pada menit ke-67.

Baca Juga : Hasil Piala FA Inggris 2019-2020: Arsenal Tumbangkan Portsmouth

Memasuki babak kedua, baik Arsenal maupun Chelsea mencoba meningkatkan tempo serangan. Pasukan Frank Lampard terus mencoba mencari kelemahan pertahanan Arsenal, yang terlalu kokoh untuk diterobos. Alih-alih meningkatkan serangan, petaka bagi Chelsea yang harus bermain dengan 10 pemain, setelah Mateo Kovacic terkena kartu kuning kedua. Wasit Tyalor menilai Kovacic melanggar dengan keras Granit Xhaka, sehingga harus keluar lapangan.

Pada menit ke-67, Arsenal membuyarkan impian Chelsea yang berambisi untuk merebut gelar Piala FA. Gol Pierre-Emerick Aubameyang tersebut, mengejutkan kubu Chelsea yang terus mencoba untuk menyamakan kedudukan. Namun, penampilan Arsenal yang terlalu apik tak dapat ditembus pemain Chelsea yang hanya berkekuatan 10 pemain. Hingga pertandingan usai skor 2-1 untuk kemenangan Arsenal, sekaligus menjuara Piala FA 2019/20.

Arsenal Menjadi Tim Terbanyak Juara Piala FA

Pada Piala FA 2019/20 striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang, yang juga merupakan penyerang Timnas Gabon, terpilih sebagai pemain terbaik atau man-of-the-match. Bagi Arsenal, ini menjadi kesuksesan ganda karena mereka akan lolos ke fase grup Liga Europa, kompetisi antarklub level kedua di Europa, musim depan.

Sukacita skuad The Gunners pun akan bertambah, lantaran perebutan FA Cup sejak musim 2015–2016 disponsori maskapai penerbangan Emirates, yang merupakan pemilik Arsenal.

Arsenal, yang kini ditukangi pelatih asal Spanyol Mikel Arteta, merupakan pengoleksi trofi FA Cup terbanyak sejak pertama digelar pada 1878 atau 142 tahun silam. Sebelum ini, terakhir Arsenal menjuarainya pada 2017 juga dengan menaklukkan Chelsea. Dan juga dengan skor 2–1.

Sementara itu, Chelsea menempati urutan ketiga dalam daftar juara FA Cup yakni 8 kali, di bawah Manchester United, di urutan kedua dengan 12 kali. The Blues, yang saat ini ditangani Frank Lampard. Terakhir tampil sebagai juara FA Cup 2 tahun lalu, di final menaklukkan MU 1–0.

reporter | yofe

Advertisement

Related posts

Leave a Comment