Wafat Usia 91 Tahun, Pencipta Mouse Komputer, William English Bakal Tetap Dikenang

pencipta mouse komputer

TOPMETRO.NEWS – Salah satu pencipta mouse komputer, William English, dilaporkan wafat pada usia 91 tahun di California, Amerika Serikat pada 26 Juli 2020. English wafat karena menderita penyakit pernafasan.

Pencipta Mouse Komputer Berkarya Bersama Rekannya

Sekadar diketahui, English membuat mouse pertama pada 1963, memanfaatkan gagasan yang dikembangkan oleh rekannya Douglas Engelbart. Keduanya, yang berkarya di Stanford Research Intitute juga disebut sebagai orang yang pertama kali menjabarkan konsep awal komputer modern.

Pamer Konsep Komputer

Dalam sebuah video bertajuk Mother of All Demos pada 1968, mereka berdua memamerkan banyak konsep komputer mulai dari user interface, penyuntingan teks online, video call, dan tautan hypertext.

Dalam sejarah komputer, English dikenal sebagai orang yang membuat mouse – dari konsep yang disusun Englebart – dan juga manusia pertama yang menggunakannya.

pencipta mouse komputer2

Pertama, Mouse Warna Coklat dari Kayu

Mouse pertama buatan English terbuat dari kayu dan berwarna cokelat, memiliki satu tombol, dan dilengkapi dua roda dengan sudut 90 derajat. Mouse itu hanya bisa mendeteksi gerak vertikal dan horisontal.

“Ketika itu kami sedang mengembangkan teknolosi penyuntingan teks. Tujuan alat itu (mouse) adalah untuk menunjukkan huruf serta kata,” kenang English dalam wawancara dengan Computer History Museum pada 1999 silam.

William English meninggalkan Stanford Research Institute pada 1971 dan pindah ke pusat riset Parc milik Xerox, salah satu perusahaan yang memelopori pengembangan komputer pribadi modern.

Di sana dia mengembangkan lagi mouse, mengganti dua roda dengan sebuah bola – desain yang masih digunakan pada mouse komputer puluhan tahun kemudian.

Tak Memperoleh Banyak uang

Sayangnya baik English maupuh Engelbart tidak memeroleh banyak uang dari temuan mereka itu. Hak paten mouse tersebut didaftarkan atas nama Xerox, bukan keduanya.

“Doug hanya mendapat 50.000 dolar untuk lisensi dari Xerox ketika Xerox Parc menggunakan mouse,” kata dia beberapa tahun silam.

Kami ikut berdukacita, jasamu bakal selalu dikenang dunia.

BACA SELENGKAPNYA | Ssst… Jack Ma, si Pemilik Alibaba Grup Awalnya tak Faham Komputer

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, siapa sih tak kenal dengan sosok Jack Ma? Mungkin segelintir orang belum mengetahui tentang Jack Ma, si pemilik Alibaba yang kini memiliki Aset sekira Rp 570 triliun.

Ya, Jack Ma sang biliuner yang juga sebagai orang yang paling berpengaruh di dunia, lahir di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok, 10 September 1964, merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa.

Awalnya Jack Ma, tidak mengerti tentang komputer ataupun surat elektronik, bahkan dia tidak pernah menyentuh keyboard komputer. Kini, dia telah membuktikan kegigihannya dalam berbisnis online dengan mendirikan Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

reporter | Dpsilalahi
Sumber/foto | suara

Related posts

Leave a Comment