BPS Singkil Buka Pendaftaran Petugas Sensus Penduduk 2020

perekrutan petugas Sensus

topmetro.news – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Singkil melakukan perekrutan petugas Sensus Penduduk 2020 secara terbuka terhadap putra-putri daerah setempat, yang tersebar di 11 kecamatan.

Penerimaan berkas dimulai dari tanggal 3 sampai dengan 6 Agustus 2020 yang diikuti lebih dari 400 peserta yang mendaftarkan diri.

Kepala BPS Aceh Singkil Yuniarto yang baru menjabat dua bulan menjelaskan, perekrutan petugas Sensus Penduduk 2020 di Aceh Singkil juga serentak dilakukan di seluruh indonesia.

“Antusias peserta sangat banyak. Sampai batas akhir pembukaan kemarin, sedikitnya ada 400 lebih yang mendaftar. Dan banyak juga terpaksa kita tolak karena sudah habis limit waktu. Sedangkan kuota yang diterima hanya 85 orang,” ucap Yuniarto saat dikonfirmasi reporter topmetro.news di ruang kerjanya, Jumat (7/8/2020).

Nantinya para peserta yang lulus tes wawancara akan dibekali pelatihan secara mandiri sebelum turun ke lapangan.

“Kegiatan mereka nantinya akan sedikit berbeda pada masa masa sebelumnya. Dimana para petugas ini tidak ada melakukan wawancara dengan para warga karena wabah Pandemi Covid-19. Melainkan hanya menyerahkan formulir ke setiap rumah dan selanjutnya akan dikumpulkan kembali,” terang Yuniarto.

Lanjutnya. para petugas itu akan bekerja mulai 1 September hingga 31 September.

Covid-19 dan Sensus

Dampak wabah Pandemi Covid-19 sangat banyak terhadap pelaksanaan kegiatan sensus. Mulai dari diundurnya masa perekrutan, hingga pelatihan yang harus dilakukan secara mandiri terhadap para petugas.

“Seharusnya memang pada Bulan Juni yang lalu perekrutan ini sudah dilakukan. Namun karena wabah Covid-19, diundur. Sehingga baru bisa dilakukan pada bulan ini. Kita harapkan semoga saja kegiatan Sensus Penduduk tahun ini dapat berjalan lancar,” imbuhnya.

Sementara itu salah seorang peserta, Zulkarlin, mengatakan dirinya dan ratusan lainnya sangat bersemangat mengikuti seleksi yang dilakukan BPS secara terbuka itu.

“Kami sangat senang bisa berkontribusi dalam hal mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020 ini. Apalagi sistem perekrutannya dilakukan secara terbuka. Jadi sangat banyak peluang bagi kami yang mendaftar,” tutur Zulkarlin pada saat mengikuti tes wawancara.

“Saya sempat deg-degan juga takut tidak lewat tahap admintrasi. Namun Alhamdulillah, saya bisa lewati itu dan hari ini kami sedang mengikuti tahap selanjutnya yakni tahap tes wawancara. Semoga saja bisa lulus,” harapnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment