4 Tips Awasi Diabetes agar Terhindar Ancaman Covid-19

Tips awasi diabtes

TOPMETRO.NEWS – Tips awasi diabtes, sering orang salah menerjemahkannya. Diabetes adalah induk dari berbagai penyakit lain yang mengerikan dan diabetes tidak bisa disembuhkan. Namun, penderita diabetes tetap bisa beraktivitas normal dan hidup sehat. Mengontrol gula darah adalah gerbang pertahanan bagi penderita diabetes.

Saat pandemi Covid-19 saat ini, penderita diabetes memiliki risiko 3-4x lipat mengalami kefatalan bila terkena Covid-19. Kadar gula darah yang tinggi merusak tubuh, dan penyandang diabetes memiliki imunitas yang rendah, sehingga tidak optimal melawan infeksi.

Tips Awasi Diabtes, Biar gak Stres

Gula darah sangat mudah naik secara tiba-tiba saat stres dan dengan adanya Covid-19, tingkat stres dan kecemasan semakin tinggi, gula darah pun semakin sulit dikontrol.

Maka dari itu, penting bagi penderita diabetes untuk mencapai target pengendalian gula darah. Parameter keberhasilan yakni HbA1c <7%, dan kadar gula darah puasa <120 mg/dL.

Kontrol Gula Darah

Untuk mengontrol gula darah, Anda bisa menerapkan empat tips untuk mengendalikan kontrol gula darah diabetes, seperti yang dipaparkan oleh Ahli Diabetes Dr. Roy Panusunan Sibarani Sp.PD-KEMD, FES.

1. Perhatikan Pola Makan yang Baik

Penderita diabetes selalu merasa lapar karena gula tidak bisa masuk ke sel, sehingga akan mengalami stres. Maka dari itu, makanlah dengan pola makan yang baik. Cukupi kebutuhan karbohidrat, protein, sayur, dan buah serta kebutuhan vitamin dan mineral agar memiliki pertahanan yang kuat dalam tubuh.

Cara ini menjadi kunci kesuksesan untuk mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Meskipun makanan sumber karbohidrat dapat menghasilkan gula atau glukosa, bukan berarti tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali. Penyandang diabetes tetap membutuhkan karbohidrat sebagai makanan sumber energi. Namun, tetap dalam kisaran yang cukup dan tidak berlebihan.

2. Olahraga Teratur

Salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga dapat membantu sel-sel di otot lebih banyak mengambil glukosa dan mengubahnya menjadi energi sehingga mampu menurunkan gula darah.

Walaupun di masa pandemi saat ini sulit untuk berolahraga, namun tetap harus berolahraga dengan menjalankan protokol kesehatan bila berolahraga keluar rumah seperti memakai masker, rutin cuci tangan, dan menjaga jarak.

Bisa juga melakukan olahraga di dalam rumah, menggunakan peralatan yang ada di rumah. Untuk itu, jangan jadikan pandemi alasan untuk tidak berolahraga.

3. Minum Obat Sesuai Anjuran Dokter

Walaupun pandemi saat ini pasien diabetes kesulitan mendapatkan obat, namun teruslah melakukan kontrol secara rutin dengan dokter untuk mendapatkan obat sesuai anjuran dokter.

4. Edukasi

Selalu cari informasi kesehatan dari sumber terpercaya, misalnya di akun resmi fasilitas kesehatan. Kini juga puskesmas-puskesmas di DKI memiliki akun media sosial yang dikelola dengan baik. Jika ragu, cari informasi ke dokter atau komunitas kesehatan yang terpercaya.

BACA SELENGKAPNYA | Manfaat Kulit Mangga untuk Diabetes Hingga Kanker

Sepeti diwartakan topmetro.news sebelumnya, Manfaat kulit mangga tak bisa diragukan lagi. Kulit mangga diketahui bisa mencegah diabetes hingga kanker. Buah mangga memang tak hanya menawarkan rasa yang nikmat dan menyegarkan. Namun, buah yang satu ini juga turut menawarkan banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Hebatnya, tak hanya pada dagingnya saja. Akan tetapi, kandungan nutrisi buah mangga juga bisa ditemukan pada kulitnya. Meskipun bermanfaat, apa kulit buah mangga bisa dimakan begitu saja?

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | spiritriau/okezone

Related posts

Leave a Comment