Pertama Kali Dalam Sejarah Unimed Gelar Wisuda Online

Unimed melaksanakan wisuda daring

topmetro.news – Universitas Negeri Medan atau Unimed, untuk pertama kali dalam sejarah melaksanakan wisuda daring, pada Rabu (12/8/2020), pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Pelaksanaan wisuda daring ini merupakan langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Para wisudawan mengikuti acara wisuda dari kediaman masing-masing secara live streaming dengan cara mengakses unimed.ac.id.

Pada wisuda daring periode Agustus 2020 ini, Unimed mewisuda 812 orang wisudawan yang berasal dari, 104 lulusan Program Pascasarjana, 34 lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 142 lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 74 lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 128 lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 64 lulusan Fakultas Teknik, 66 Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 200 Lulusan Fakultas Ekonomi.

Dipimpin Rektor Unimed

Wisuda daring itu dipimpin langsung oleh Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes.

Dalam pidatonya Syamsul Gultom menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah memperoleh gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada para orangtua para wisudawan karena telah mengamanatkan anaknya dididik dan dibina di Unimed.

“Ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keberhasilan Saudara menyelesaikan studi di Unimed. Ucapan terimakasih yang tulus kepada masyarakat dan para orangtua/wali yang telah mengamanatkan anggota keluarganya atau putra-putrinya untuk dididik dan dibina di Universitas Negeri Medan,” ucapnya.

Mewakili seluruh pimpinan di Unimed, Syamsul Gultom menyampaikan permohonan maaf. Karena upacara wisuda periode Agustus 2020 dilakukan secara daring.

“Kami seluruh pimpinan juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada orangtua/wali dan para wisudawan. Karena upacara wisuda periode Agustus 2020 ini kita laksanakan secara daring,” ucapnya.

Syamsul Gultom menambahkan bahwa kegiatan wisuda daring sebenarnya tidak diinginkan. Namun wisuda daring tetap dilaksanakan untuk mengikuti anjuran pemerintah sehubungan dengan kewaspadaan dan pencegahan penularan Covid-19 untuk tidak melakukan pertemuan dalam jumlah besar.

“Pelaksanaan wisuda daring ini sebenarnya sungguh tidak kita inginkan bersama. Namun karena kondisi dan situasi Pandemi Covid-19 di negara kita yang belum memperbolehkan untuk mengadakan kegiatan apapun yang mengumpulkan banyak massa,” tambahnya.

Syamsul Gultom berharap agar para wisudawan memiliki rasa empati, kepedulian, ‘sense of belonging’ serta kemahiran dalam bidang IT. Karena di masa Pandemi Covid-19 hampir semua sektor dalam kehidupan berbasis IT, guna mencegah penularan Covid-19.

“Di era pandemi Covid-19 saat ini, saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, ‘sense of belonging’ dan kemahiran dibidang IT. Semua aktivitas pendidikan, pemerintahan dan hampir semua sektor kehidupan kita sudah berbasis IT, sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di negeri kita,” ucapnya.

Jadwal Pengambilan Ijazah

Sedangkan pengambilan ijazah akan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Unimed dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Berikut jadwal pengambilan Ijazah Unimed: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Kamis 13 Agustus 2020, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) 14 Agustus 2020, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Selasa 18 Agustus 2020, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Rabu 19 Agustus 2020, Fakultas Teknik (FT) Senin 24 Agustus 2020, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Selasa 25 Agustus 2020, Fakultas Ekonomi (FE) Rabu 26 Agustus 2020, dan Program Pascasarjana Kamis 27 Agustus 2020.

reporter | Nita Veronika Simbolon

Related posts

Leave a Comment