Peringatan HUT ke 75 RI Ditandai dengan ‘Gebrak Masker’ oleh TP PKK dan Forkopimda Karo

aksi Gebrak Masker

topmetro.news – Dalam memperingati HUT ke 75 Kemerdekaan RI, Tim Penggerak PKK dan Forkopimda Karo menggelar aksi Gebrak Masker (Gerakan Bersama Pakai Masker). Dengan tujuan melindungi ‘kamu dan aku’.

Hal ini ditegaskan Ketua TP PKK Karo Sariati Terkelin Brahmana didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Ketua DPRD Karo Iriani Beru Tarigan, Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto SSos, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SIK SH, Senin (17/8/2020), di sela-sela pembagian masker di Gang Air Minum Kekurahan Kampung Dalam Kabanjahe.

Selain itu, juga hadir Kajari Karo Denny Achmad SH MH, Ketua PN (Pengadilan Negeri) Suhanuddin SH MH. Wadanyon 125/Smb Mayor Inf Irwansyah, Kadis DPMD Abel Tarawai Tarigan.

Menurut Sariati, kegiatan itu sekaligus mengimbau dan mengajak kepada masyarakat. Betapa pentingnya memakai masker dengan cara yang benar, menutup hidung dan mulut. Sehingga dapat menurunkan resiko tertular dan menularkan Covid-19 hingga 75 persen.

“Pembagian masker ini dilakukan dengan cara mengunjungi rumah-rumah masyarakat secara ‘door to door’. Sesuai arahan dari Ketua TP PKK Pusat. Waktu pelaksanaan ini digelar bersamaan dengan peringatan Perayaan HUT ke 75 Kemerdekaan RI,” katanya.

Berkaitan dengan itu, Ketua TP PKK Karo meminta kepada masyarakat yang hendak keluar rumah, wajib menggunakan masker. Untuk menjaga diri sendiri maupun orang lain. Sebab penularan sangat berpotensi dari droplet, bersalaman dan jarak.

Kesadaran Pakai Masker

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH saat membagikan masker ke rumah warga dalam program aksi Gebrak Masker menyebutkan, ternyata masih banyak masyarakat yang minim kesadaran dalam penggunaan masker.

“Kegiatan itu patut diapreisasi. Sebab kita bisa mengingatkan masyarakat, agar peduli kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19. Apalagi situasi sulit ini ditambah adanya abu erupsi Gunung Sinabung yang sangat berbahaya pada saluran pernapasan, jika tidak memakai masker,” tandas Terkelin.

Sementara itu, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan mengajak warga di masa Pandemi Covid-19. Sehingga selalu waspada dan mengikuti aturan protokol kesehatan. Dia juga mendukung gerakan TP PKK Karo yang bertujuan melindungi diri sendiri dan orang lain melawan Virus Corona.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment