Gubsu Akan Buat Teknologi Modifikasi Hujan Buatan Bantu Petani di Karo

operasi hujan buatan

topmetro.news – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menegaskan, pihaknya akan membuat operasi teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan. Tujuannya untuk membantu para petani, agar abu vulkanik Gunung Sinabung yang menyelimuti lahan pertanian bisa berkurang.

“Secara tekhnis, pembuatan hujan buatan, kita akan gandeng pihak BNPB Pusat dan akan bekerja sama dengan pihak TNI AU Sumut. Nantinya akan disiapkan dua buah pesawat Hercules milik TNI AU untuk pelaksanaan operasi hujan buatan,” ujar Edy Rahmayadi saat berkunjung ke Karo, Selasa (18/8/2020).

Hal itu ditegaskan Gubernur Sumut, setelah melakukan peninjauan di pos pemantau dan nendengarkan paparan singkat situasi dan kondisi Gunung Sinabung dari Dansatgas Letkol Kav Yuli Eko Hadianto didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo.

“Kita akan buat teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan. Jadi kami berharap agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan perilaku bersih hidup sehat (PHBS). Jangan lupa memakai masker saat keluar rumah. Dan jangan memasuki area zona merah sesuai rekomendasi vulkanologi,” imbuhnya.

Kunjungi Areal Terpapar Erupsi

Sebelumnya, rombongan Edy Rahmayadi bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengunjungi dan melihat areal pertanian yang terpapar erupsi Gunung Dinabubg di Kecamatan Simpang Empat.

Kemudian Forkopimda Sumut beserta rombongan meninjau situasi Gunung Sinabung di lokasi Pos Pantauan Pusat Vulkanologi. Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pusat pengamatan Gunung Api Sinabung di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat.

Di akhir kunjungannya, Gubernur Sumut beserta rombongan, memberikan paket sembako secara simbolis kepada masyarakat. Diterima para camat di empat kecamatan yang terdampak Erupsi Sinabung. Yakni Kecamatan Namanteran, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Berastagi, dan Kecamatan Merdeka.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment